ANALISIS KESESUAIAN TINGKAT KETERBACAAN BUKU SISWA TEMATIK KELAS I SD/MI TEMA 8 PERISTIWA ALAM DAN RELEVANSINYA DENGAN PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK

DIAH RATNA OKTIVINA, NIM: 14480069 (2021) ANALISIS KESESUAIAN TINGKAT KETERBACAAN BUKU SISWA TEMATIK KELAS I SD/MI TEMA 8 PERISTIWA ALAM DAN RELEVANSINYA DENGAN PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KESESUAIAN TINGKAT KETERBACAAN BUKU SISWA TEMATIK KELAS I SD/MI TEMA 8 PERISTIWA ALAM DAN RELEVANSINYA DENGAN PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK)
14480069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KESESUAIAN TINGKAT KETERBACAAN BUKU SISWA TEMATIK KELAS I SD/MI TEMA 8 PERISTIWA ALAM DAN RELEVANSINYA DENGAN PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MEMBACA PESERTA DIDIK)
14480069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Kesesuaian tingkat keterbacaan buku ajar menjadi penting karena buku ajar hingga saat ini masih dianggap sebagai bahan ajar yang paling utama. Anak-anak jenjang permulaan yaitu kelas I SD/MI ini mengalami kesulitan untuk mendapatkan buku yang memiliki kesesuaian tingkat keterbacaan dengan perkembangannya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesesuaian tingkat keterbacaan buku siswa tematik Kelas I SD/MI Tema 8 Peristiwa Alam dan relevansinya dengan perkembangan kemampuan membaca peserta didik dengan menggunakan grafik Fry. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan objek kajian, maka penelitian ini termasuk penelitian yang bersifat kepustakaan (library research). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan menggunakan formula grafik Fry. Data yang telah terkumpul akan dianalisis dengan menghitung tingkat keterbacaan dengan grafik Fry. Keterbacaan wacana yang menjadi pokok pembahasan dalam penelitian ini ialah sebanyak 13 wacana. Hasil penelitian menunjukkan tingkat keterbacaan pada buku siswa tematik kelas I SD/Mi Tema 8 Peristiwa Alam dengan menggunakan grafik Fry ditemukan adanya ketidaksesuaian. Dikatakan wacana tidak sesuai karena memiliki titik pertemuan tidak pada daerah kelas I. Dari hasil analisis tersebut terdapat 6 wacana tidak sesuai dan 7 wacana yang invalid yang artinya tidak ada wacana yang sesuai dengan level kelas 1 SD/MI yang merupakan pembaca jenjang permulaan. Hal tersebut perlu diberikan perhatian dan tindakan yang tepat karena dapat menjadi salah satu faktor siswa kurang memahami bacaan, sehingga kemampuan membaca menjadi lebih rendah. Penelitian ini diharapkan dapat menarik minat siswa mengenai membaca dan memahami wacana, serta menjadi referensi bagi para pembaca maupun penelitian selanjutnya yang berkaitan dengan keterbacaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Andi Prastowo, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Keterbacaan, Buku Ajar, Grafik Fry
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 16 Sep 2021 14:40
Last Modified: 16 Sep 2021 14:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44465

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum