MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI KELAS V MI MA’ARIF CANDRAN GODEAN

TOYIB NURHAMID, NIM.: 14480070 (2021) MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI KELAS V MI MA’ARIF CANDRAN GODEAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI KELAS V MI MA’ARIF CANDRAN GODEAN)
14480070_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI KELAS V MI MA’ARIF CANDRAN GODEAN)
14480070_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada masa pandemi covid-19. Adanya peraturan pemerintah yang menghendaki adanya kegiatan belajar mengajar jarak jauh atau daring membuat sekolah beserta unsur-unsur di dalamnya ikut beradaptasi dengan perubahan ini. Pelaksanaan pembelajaran daring memicu perubahan yang signifikan dalam pola belajar. Hal ini dapat berpengaruh kepada motivasi belajar peserta didik yang secara karakteristik di usia 10-12 tahun adalah usia bermain dan aktif. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi peserta didik selama pembelajaran daring pada mata pelajaran IPA kelas V di MI Ma’arif Godean. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif-kuantitatif. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan melalui kuesioner/angket dengan skala Guttman. Data didasarkan pada penelitian populasi dengan responden sebanyak 48 peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang dituangkan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: dari total 48 peserta didik terdapat 47 peserta didik (97,91%) berada pada kategori motivasi tinggi dan terdapat 1 peserta didik (2,09%) berada pada kategori motivasi rendah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Izzatin Kamala, S.Pd.,M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Pembelajaran Daring, Mata Pelajaran IPA.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 16 Sep 2021 14:46
Last Modified: 16 Sep 2021 14:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44472

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum