NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DALAM BUKU “TERIMA KASIH ALLAH” KARYA HAIRI YANTI DAN RELEVANSINYA BAGI ANAK USIA MADRASAH IBTIDAIYAH

Kiki Iyama, NIM : 14480143 (2021) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DALAM BUKU “TERIMA KASIH ALLAH” KARYA HAIRI YANTI DAN RELEVANSINYA BAGI ANAK USIA MADRASAH IBTIDAIYAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DALAM BUKU “TERIMA KASIH ALLAH” KARYA HAIRI YANTI DAN RELEVANSINYA BAGI ANAK USIA MADRASAH IBTIDAIYAH)
14480143_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS DALAM BUKU “TERIMA KASIH ALLAH” KARYA HAIRI YANTI DAN RELEVANSINYA BAGI ANAK USIA MADRASAH IBTIDAIYAH)
14480143_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Kemerosotan karakter yang terjadi akhir-akhir ini semakin meninggkat. Hal tersebut dibuktikan dengan meningkatnya kasus bullying, bolos sekolah, dan prilaku mencontek yang semain biasa dilakukan peserta didik. Untuk menangani hal tersebut pemerintah hadir dengan Peraturan Presiden Nomor 87 tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter. Penguatan Pendidikan Karakter dapat dilakuakan dengan sastra melalui buku atau novel. Buku “Terima Kasih Allah” karya Hairi Yanti adalah buku seri pendidikan karakter yang sudah mendapat penghargaan di Islamic Book Fair 2020 dalam kategori fiksi anak terbaik. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) apa saja nilai-nilai karakter religious dalam buku “Terima Kasih Allah” karya Hairi Yanti. (2) bagaimanakah relevansi nilai-nilai karakter religious dalam buku “Terima Kasih Allah” karya Hairi Yanti bagi anak usia Madrasah Ibtidaiyah. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karater religius yang terkandung dalam buku “Terima Kasih Allah” karya Hairi Yanti, (2) untuk mendeskripsikan Relevansi nilai-nilai karakter dalam buku “Terima Kasih Allah” karya Hairi Yanti. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kepustakaan (Library Research). Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan kajian isi (content analysis). Hasil penelitian ini: (1) nilai-nilai karakter religius yang terdapat dalam buku “Terima Kasih Allah” adalah cinta damai, mencintai lingkungan, teguh pendirian, persahabatan, melindungi yang kecil dan tersisih, ketulusan. (2) Nilai pendidikan karakter religius yang terdapat dalam buku “Terima Kasih Allah” karya Hairi Yanti relevan bagi anak usia madrasah ibidaiyah, dimana nilai tersebut dapat diterapkan anak-anak dilingkungannya baik di lingkungan keluarga, lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat sekitar, buku sudah menyertakan gambar ilustrasi pada beberapa cerita sehingga pesan dan nilai-nilai yang ingin disampaikan mudah dipahami dan membuat anak lebih senang saat membaca, dan nilai tersebut dapat mendukung tercapainya tugas perkembangan anak usia Madrasah Ibtidaiyah yaitu membina hidup sehat, bergaul dan bekerja dalam kelompok, dan mengembangkan kata hati, moral dan nilai-nilai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nur Hidayat, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Karakter, Religius, Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 16 Sep 2021 18:30
Last Modified: 16 Sep 2021 18:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44480

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum