ANALISIS PENDEKATAN PENILAIAN AUTENTIK PADA BUKU SISWA KURIKULUM 2013 KELAS IV TEMA 3

Eka Zuliana Safitri, NIM.: 14480145 (2021) ANALISIS PENDEKATAN PENILAIAN AUTENTIK PADA BUKU SISWA KURIKULUM 2013 KELAS IV TEMA 3. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PENDEKATAN PENILAIAN AUTENTIK PADA BUKU SISWA KURIKULUM 2013 KELAS IV TEMA 3)
14480145_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PENDEKATAN PENILAIAN AUTENTIK PADA BUKU SISWA KURIKULUM 2013 KELAS IV TEMA 3)
14480145_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari pelaksanaan penilaian autentik di sekolah yang masih mengalami banyak kendala. Penilain autentik dari kurikulum 2013 dinilai lebih rumit karena guru-guru sudah terbiasa dengan menggunakan penilaian tradisional, selain itu karena buku siswa sebagai bahan ajar utama. Oleh karena itu diperlukan analisis buku teks kurikulum 2013 khususnya pada buku siswa kelas IV Tema 3. Sebagai buku yang digunakan sebagai bahan ajar utama, sangatlah perlu di evaluasi supaya menghasilkan buku yang lebih sesuai dengan tujuan di buatnya buku tersebut. Peneliian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penilaian autentik pada buku siswa kelas IV tema 3 ini sudah memenuhi kriteria. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Subjek utama dari penelitian ini adalah buku siswa kelas IV Tema 3 dan juga menggunakan studi documenter (documentary study). Studi documenter (documentary study) adalah salah satu teknik pengumpulan data dengan menghimpun dan menganalisis dokumen, baik dokumen tertulis, gambar maupun elektronik. Hal tersebut dikarenakan dengan melalui pendekatan kualitatif bermaksud ingin memberikan gambaran secara mendalam, rinci, serta memahami tentang adanya penilaian autentik yang terdapat dalam buku siswa Kurikulum 2013 kelas IV Tema 3 ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, penilaian autentik pada buku siswa kurikulum 2013 kelas IV Tema 3 itu memiliki teknik dan instrument yang digunakan untuk penilaian yaitu kompetensi sikap, kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan. Berdasarkan teknik dan instrument yang ada maka penulis dapat menyimpulkan hasil penelitian bahwa penilaian autentik pada buku siswa kelas IV tema 3 ini belum smua sub bab tema yang ada dalam tema 3 memenuhi kriteria penilaian autentik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Maemonah, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Penilaian Autentik, kurikulum, kurikulum 2013.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 16 Sep 2021 18:37
Last Modified: 16 Sep 2021 18:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44481

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum