PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN LITERASI DASAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH TEMPURAN MAGELANG

Sulfianingsih Utami, NIM.: 14480156 (2021) PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN LITERASI DASAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH TEMPURAN MAGELANG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN LITERASI DASAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH TEMPURAN MAGELANG)
14480156_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN LITERASI DASAR PESERTA DIDIK KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH TEMPURAN MAGELANG)
14480156_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran, guru memiliki peran penting dalam menumbuhkan kemampuan literasi dasar pada setiap peserta didik. Guru kelas V SD Muhammadiyah Tempuran sudah berusaha mendisiplinkan kegiatan membaca sebelum dimulainya pembelajaran. Akan tetapi, sebagian besar peserta didik belum membiasakan kegiatan membaca yang sudah diterapkan oleh guru. Selain itu, kemampuan menulis peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Tempuran juga tergolong masih rendah. Salah satu alasannya dikarenakan dalam kegiatan belajar membaca dan menulis guru jarang menggunakan media untuk menunjang kegiatan literasi peserta didik, sehingga minat membaca dan menulis peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Tempuran tergolong rendah. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dipaparkan, maka tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui peran guru dalam menumbuhkan literasi dasar peserta didik kelas V dalam perencanaan pembelajaran di SD Muhammadiyah Tempuran Magelang, (2) untuk mengetahui peran guru dalam menumbuhkan literasi dasar peserta didik kelas V dalam pelaksanaan pembelajaran di SD Muhmmadiyah Tempuran Magelang, (3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam menumbuhkan literasi dasar peserta didik kelas V di SD Muhmmadiyah Tempuran Magelang. Jenis penelitian menggunakan kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Subjek dalam penelitian ini adalah wali kelas V dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi non partisipan, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; guru sudah menunjukkan perannya sebagai teladan, motivator, fasilitator dan kreator dalam menumbuhkan kemampuan literasi dasar peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Tempuran. Faktor pendukung dalam menumbuhkan kemampuan literasi dasar peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Tempuran adalah adanya dukungan dari guru, orang tua dan pemerintah terhadap pelaksanaan gerakan literasi dasar. Adapun faktor penghambat yang dialami oleh pihak sekolah dalam menumbuhkan kemampuan literasi dasar siswa adalah masih rendahnya minat siswa akan menumbuhkan budaya literasi, kurangnya kerja sama dan komunikasi dengan orang tua peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Sigit Prasetyo, S.Pd.I., M.Pd.Si.
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Literasi Dasar, peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Tempuran
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 16 Sep 2021 18:54
Last Modified: 16 Sep 2021 18:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44482

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum