ANALISIS STRATEGI BELAJAR KIMIA (STUDI TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS X IPA MA ALI MAKSUM YOGYAKARTA)

Naharin Nur Fadhilah, NIM: 14670031 (2021) ANALISIS STRATEGI BELAJAR KIMIA (STUDI TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS X IPA MA ALI MAKSUM YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS STRATEGI BELAJAR KIMIA (STUDI TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS X IPA MA ALI MAKSUM YOGYAKARTA))
14670031_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS STRATEGI BELAJAR KIMIA (STUDI TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS X IPA MA ALI MAKSUM YOGYAKARTA))
14670031_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Daya ingat peserta didik merupakan salah satu faktor penunjang proses pembelajaran. Faktanya pada materi dan tuntutan hasil belajar yang sama, terdapat peserta didik dengan kemampuan yang berbeda-beda dalam mengingat. Adanya perbedaan tersebut menjadikan variasi penerapan strategi memori yang sesuai bagi masing-masing peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) penerapan strategi memori dalam pembelajaran kimia, (2) hasil belajar kimia di kelas X MA Ali Maksum Yogyakarta. Penelitian dilangsungkan pada kelas X IPA MA MA Ali Maksum Yogyakarta tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu guru kimia dan peserta didik kelas X IPA. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Keabsahan diuji dengan triangulasi teknik pengumpulan data dan triangulasi sumber data. Teknik analisis yang digunakan yaitu dengan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verivikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) srategi memori belajar kimia yang dilakukan oleh guru antara yaitu dengan memberikan motivasi, mengulang-ulang materi, memberikan latihan soal dan pembahasan, kuis, ulangan harian, serta mengadakan praktikum kimia. Sedangkan strategi memori yang digunakan oleh peserta didik adalah membuat singkatan (jembatan keledai), lagu kimia, catatan yang menarik, menonton vidio edukasi, les privat, dan menambah waktu belajar secara individu maupun berkelompok dengan teman seperti di jam istirahat atau malam hari, (2) hasil belajar kimia peserta didik kelas X MA Ali Maksum yang dinilai dari aspek afektif, kognitif, dan psikomotorik secara umum sudah cukup baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Agus Kamaludin, M.Pd
Uncontrolled Keywords: strategi memori, belajar kimia, hasil belajar
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 16 Sep 2021 21:16
Last Modified: 16 Sep 2021 21:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44491

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum