PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA DAN SELF-CONCEPT SAAT PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA

Bagus Tri Atmojo, NIM. 15600002 (2021) PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA DAN SELF-CONCEPT SAAT PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA DAN SELF-CONCEPT SAAT PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA)
15600002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KECEMASAN MATEMATIKA DAN SELF-CONCEPT SAAT PANDEMI COVID-19 TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA)
15600002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) apakah ada pengaruh kecemasan matematika saat pandemi COVID-19 terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) apakah ada pengaruh self-concept saat pandemi COVID-19 terhadap hasil belajar matematika siswa; 3) apakah ada pengaruh kecemasan matematika dan self-concept saat pandemi COVID-19 terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 3 Bantul pada kelas X MIPA 1, X MIPA 2, dan X MIPA 3 tahun ajaran 2020/2021. Sampel yang digunakan sebanyak 30 siswa, dengan metode pengambilan sampel yaitu menggunakan simple random sampling. Adapun instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah skala kecemasan matematika dan skala self-concept. Teknik analisis data pada penelitian ini, yaitu menggunakan analisis regresi ganda dimana peneliti melakukan uji asumsi klasik dan uji kelayakan model. Hasil analisis menunjukkan: 1) terdapat pengaruh negatif dan signifikan kecemasan matematika terhadap hasil belajar matematika siswa; 2) terdapat pengaruh positif dan signifikan self-concept terhadap hasil belajar matematika siswa; 3) terdapat pengaruh kecemasan matematika dan self-concept secara bersama-sama terhadap hasil belajar matematika siswa yang signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ibrahim, S.Pd., M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kecemasan Matematika, Self-Concept, Hasil Belajar Matematika, Pandemi COVID-19
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 17 Sep 2021 00:21
Last Modified: 17 Sep 2021 00:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44496

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum