ANALISIS BUKU TEKS “AKU CINTA BAHASA ARAB” UNTUK KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH DITINJAU DARI PSIKOLOGI PERKEMBANGAN KOGNITIF

RAFIKA RIZKINIA MUFIDA, NIM. 16420021 (2021) ANALISIS BUKU TEKS “AKU CINTA BAHASA ARAB” UNTUK KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH DITINJAU DARI PSIKOLOGI PERKEMBANGAN KOGNITIF. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
16420021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS BUKU TEKS “AKU CINTA BAHASA ARAB” UNTUK KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH DITINJAU DARI PSIKOLOGI PERKEMBANGAN KOGNITIF)
16420021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini bermula dari kegelisahan peneliti terhadap ditemukannya buku pelajaran yang mengandung muatan negatif yang menyimpang dari kurikulum, seperti bias gender yang tersaji dalam ilustrasi gambar maupun teks, dan kesalahan-kesalahan dalam penulisan teks bahasa Arab. Hal ini tentunya tidak baik untuk psikologi perkembangan anak, mengingat buku teks sekolah adalah buku pokok yang tentu dibaca dan diinternalisasi oleh siswa. Buku teks “Aku Cinta Bahasa Arab” untuk Kelas I Madrasah Ibtidaiyah karya Sunaryo Putro merupakan buku yang dipakai sebagai buku pegangan siswa sekolah dasar, oleh karena itu peneliti tertarik melakukan analisis kesesuaian buku mulai dari isi, penyajian materi, dan bahasa terhadap psikologi perkembangan kognitif, dan juga dari aspek tadqiq. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui : 1) Kesesuaian isi/materi dengan perkembangan kognitif anak. 2) Kesesuaian penyajian materi dengan perkembangan kognitif anak. 3) Kesesuaian bahasa dengan perkembangan kognitif anak, dan 4) Kesesuaian tadqiq dengan perkembangan kognitif Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi pada sumber data primer dan sumber data sekunder. Sedangkan tahap analisis dilakukan sebagai berikut: 1). Mengkategorikan data berdasarkan rumusan masalah, 2). Mengklasifikasikan data berdasarkan kriteria yang telah ditentukan sesuai dengan rumusan masalah, 3). Menarik kesimpulan menggunakan teknik content analysis yang diperkuat dengan membandingkan data dari sumber data primer dan sumber data sekunder (Teknik Matrik Perbandigan). Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) Isi dalam buku sesuai dengan teori perkembangan kognitif anak, 2) penyajian materi sesuai dengan perkembangan kognitif anak, 3) Penggunaan bahasa sesuai dengan perkembangan kognitif anak, walaupun dalam beberapa materi kurang sesuai, dan 4) masih ditemukan beberapa kekeliruan dalam aspek tadqiq . Keempat aspek tersebut menggambarkan bahwa buku “Aku Cinta Bahasa Arab” untuk kelas I Madrasah Ibtidaiyah karya Sunaryo Putro sesuai dengan psikologi perkembangan kognitif anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. Dudung Hamdun, M.Si
Uncontrolled Keywords: Analisis Buku, Kelas I, Perkembangan kognitif
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 17 Sep 2021 09:10
Last Modified: 17 Sep 2021 09:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44503

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum