PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA NURUL UMMAH KOTAGEDE DAN MA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA

M. Lutfil Hakim, NIM.: 1620411025 (2020) PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA NURUL UMMAH KOTAGEDE DAN MA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA NURUL UMMAH KOTAGEDE DAN MA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA)
1620411025_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MA NURUL UMMAH KOTAGEDE DAN MA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA)
1620411025_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti untuk mengkaji secara mendalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah, karena materi bahasa Arab menjadi salah satu ciri khas Madrasah Aliyah. Sehingga, pembelajaran yang berjalan secara komprehensif akan berpengaruh terhadap efektivitas proses kegiatan belajar mengajar hingga evaluasi pembelajaran bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melacak pembelajaran bahasa Arab Madrasah Aliyah yang mencakup proses, implementasi, dan evaluasi. Jenis penelitian ini adalah studi kasus melalui pendekatan komparatifdeskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan adalah metode deskriptifinterpretatif melalui langkah-langkah siklus interaktif yang komponennya meliputi reduksi data, sajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: Pertama, proses pembelajaran bahasa Arab di MA Nurul Ummah Kotagede berlangsung sederhana dilakukan oleh guru mata pelajaran bahasa Arab, Nahwu, dan Shorof. Kedua, implementasi kurikulum bahasa Arab MA Nurul Ummah Kotagede tertuang dalam RPP, silabus, dan lalaran Nahwu Shorof. Ketiga, evaluasi kurikulum bahasa Arab di MA Nurul Ummah Kotagede dilaksanakan oleh guru mata pelajaran bahasa Arab, Nahwu, dan Shorof. Selain tes tulis juga tes praktek qiroatul kutub dan hafalan nadzaman nahwu dan shorof. Kendala-kendala yang dihadapi dalam proses pengembangan kurikulum diantaranya kompetensi peserta didik yang beragam di awal masuk dan sarana prasanan yang belum memadai. Adapun, pembelajaran bahasa Arab di MA Muhammadiyah 1 Yogyakarta: Pertama, proses pembelajaran bahasa Arab di Madrasah ini berlangsung sederhana dilakukan oleh guru mata pelajaran bahasa Arab, beserta tim kurikulum Madrasah, yaitu ISMUBA (Keislaman, Muhammadiyah, dan bahasa Arab). Kedua, implementasi kurikulum bahasa Arab MA Muhammadiyah 1 Yogyakarta tertuang dalam RPP dan silabus. Ketiga, evaluasi kurikulum bahasa Arab di MA Muhammadiyah 1 Yogyakarta dilaksanakan oleh tim kurikulum ISMUBA dengan melibatkan guru mata pelajaran bahasa Arab. Kendala-kendala yang dihadapi dalam proses pengembangan kurikulum diantaranya kompetensi peserta didik yang beragam di awal masuk dan minat belajar bahasa Arab peserta didik, serta terbatasnya jumlah guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. H. Sembodo Ardi Widodo, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab, Madrasah Aliyah.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 17 Sep 2021 11:22
Last Modified: 29 Oct 2021 13:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44511

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum