Pengembangan Video Lagu Kimia Materi Hidrokarbon Sebagai Media Pembelajaran Alternatif Untuk Kelas XI SMA/MA

Nabila Rizka Irbah La Moma, NIM. 16670021 (2021) Pengembangan Video Lagu Kimia Materi Hidrokarbon Sebagai Media Pembelajaran Alternatif Untuk Kelas XI SMA/MA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (Pengembangan Video Lagu Kimia Materi Hidrokarbon Sebagai Media Pembelajaran Alternatif Untuk Kelas XI SMA/MA)
16670021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (Pengembangan Video Lagu Kimia Materi Hidrokarbon Sebagai Media Pembelajaran Alternatif Untuk Kelas XI SMA/MA)
16670021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Media pembelajaran memiliki peranan penting dalam proses pembelajaran. Media yang tepat dapat meningkatkan minat peserta didik. Hal tersebut sebaiknya ada pada mata pelajaran kimia salah satunya pada materi hidrokarbon karena kurangnya minat dan pemahaman peserta didik. Salah satu media pembelajaran yang menarik yaitu musik video. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan mengetahui karakteristik, kualitas, dan respon peserta didik terhadap produk pengembangan video lagu kimia materi hidrokarbon sebagai media pembelajaran alternatif untuk kelas XI SMA/MA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari define, design, development, disseminate. Penelitian ini dibatasi hingga tahap development. Produk dikonsultasikan kepada dosen pembimbing dan ditinjau oleh tiga peer reviewer . Penilaian kualitas produk dilakukan oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media, lima reviewer (guru kimia SMA/MA), dan direspon sepuluh peserta didik. Angket penilaian kualitas produk menggunakan skala Likert, sedangkan angket respon peserta didik mengguanakan skala Guttman. Hasil akhir produk berupa empat video lagu dengan materi senyawa hidrokarbon, alkana, alkena, dan alkuna. Hasil penilaian kualitas produk oleh dosen ahli materi mendapatkan peresentase 81,25 % dengan kategori Sangat Baik, penilaian kualitas produk oleh dosen ahli media mendapatkan peresentase 95,94 % dengan kategori Sangat Baik, dan penilaian kualitas produk oleh reviewer mendapatkan peresentase 92 % dengan kategori Sangat Baik. Produk direspon positif oleh peserta didik dan mendapatkan peresentase 94,5 % dengan kategori Sangat Baik. Hal ini menunjukkan bahwa produk video lagu kimia materi hidrokarbon memiliki karakteristik yaitu adanya kejelasan pesan pada tiap video lagu (clarity of message), dapat berdiri sendiri (stand alone), dan liriknya bersahabat (user friendly), serta produk video lagu kimia materi hidrokarbon sebagai media pembelajaran alternatif untuk kelas XI SMA/MA layak digunakan sebagai media pemeblajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Zamhari, S. Pd. Si., M. Sc
Uncontrolled Keywords: penelitian pengembangan, media pembelajaran, video lagu, hidrokarbon.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 17 Sep 2021 13:17
Last Modified: 17 Sep 2021 13:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44522

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum