EKSPERIMENTASI MEDIA PERMAINAN MELOMPAT BULATAN KATA DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB DI KELAS IV MI MUHAMMADIYAH SRIBIT TAHUN AJARAN 2019/2020

Rosyidah Dzunur’aini, NIM.: 16420041 (2020) EKSPERIMENTASI MEDIA PERMAINAN MELOMPAT BULATAN KATA DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB DI KELAS IV MI MUHAMMADIYAH SRIBIT TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EKSPERIMENTASI MEDIA PERMAINAN MELOMPAT BULATAN KATA DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB DI KELAS IV MI MUHAMMADIYAH SRIBIT TAHUN AJARAN 2019/2020)
16420041_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (EKSPERIMENTASI MEDIA PERMAINAN MELOMPAT BULATAN KATA DALAM MENINGKATKAN PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA ARAB DI KELAS IV MI MUHAMMADIYAH SRIBIT TAHUN AJARAN 2019/2020)
16420041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah dalam penerapan media permainan Melompat Bulatan Kata dalam meningkatkan pembelajaran kosakata bahasa Arab dan untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan hasil belajar bahasa Arab dengan menggunakan media permainan Melompat Bulatan Kata di kelas IV MI Muhammadiyah Sribit Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen. Adapun metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Tes yang digunakan adalah model pretest dan posttest. Sedangkan dalam proses pengolahan data, yakni uji validitas dengan menggunakan product moment karl person, uji reliabilitas menggunakan Kolmogorov – Smirnov, dan uji homogenitas menggunakan Test of homogeneity varience. Untuk mendapatkan hasil akhir dari penelitian, data diolah dan dan dianalisis dengan menggunakan Uji T ( t test ). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa eksperimentasi media permainan Melompat Bulatan Kata tidak berpengaruh dalam peningkatan pembelajaran kosakata bahasa Arab. Hal ini dapat dibuktikan dengan hasil Uji T pada nilai pretest dan posttest. Hasil signifikasi dari Uji T nilai pretest sebesar 0.403 > 0.05 yang artinya tidak terdapat perbedaan penguasaan kosakata bahasa Arab antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dan hasil signifikasi dari Uji T nilai posttest sebesar 0.009 < 0.05 yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan pada penguasaan kosakata bahasa Arab antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Namun, hasil signifikasi dari Uji T Gain sebesar 0.910 > 0.05 yang artinya tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada penguasaan kosakata bahasa Arab antara kelas eksperimen dan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Nasiruddin, M. Si., M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Metode Belajar, Media Permainan Melompat Bulatan Kata, Pendidikan Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Asri Yuna Chasanawati
Date Deposited: 20 Sep 2021 14:56
Last Modified: 20 Sep 2021 14:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44538

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum