EFEKTIVITAS METODE MIM-MEM (MIMICRY-MEMORIZATION METHOD) DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADĀT (Studi Pada Kelas Ta̒lim Lughah di Pondok Pesantren An-Nidhamiyyah Jeppon Pasean Pamekasan Tahun Ajaran 2020/2021)

Sitti Khotijah, NIM: 17104020004 (2021) EFEKTIVITAS METODE MIM-MEM (MIMICRY-MEMORIZATION METHOD) DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADĀT (Studi Pada Kelas Ta̒lim Lughah di Pondok Pesantren An-Nidhamiyyah Jeppon Pasean Pamekasan Tahun Ajaran 2020/2021). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE MIM-MEM (MIMICRY-MEMORIZATION METHOD) DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADĀT (Studi Pada Kelas Ta̒lim Lughah di Pondok Pesantren An-Nidhamiyyah Jeppon Pasean Pamekasan Tahun Ajaran 2020/2021))
17104020004_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE MIM-MEM (MIMICRY-MEMORIZATION METHOD) DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRADĀT (Studi Pada Kelas Ta̒lim Lughah di Pondok Pesantren An-Nidhamiyyah Jeppon Pasean Pamekasan Tahun Ajaran 2020/2021))
17104020004_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode eksperimen. Adapun metode yang digunakan dalam pengambilan data adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan pretest dan postes. Data dianalisis menggunakan uji independet sample t test dengan bantuan SPSS 22, setelah melalui uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitan ini menunjukkan bahwa besarnya nilai rata-rata kelas eksperimen sebelum diterapkannya metode MIM-MEM 61,6. dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 52,9. Adapun rata-rata kelas eksperimen setelah diterapkan metode MIM-MEM menjadi 84,8 dan nilai rata-rata kelas kontrol sebesar 63. Dari hasil analisis uji T diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000 yang artinya terdapat perbedaan rata-rata antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. kemudian nilai rata-rata N-Gain score pada kelas eksperimen sebesar 62,16 termasuk dalam kategori tingkat efektifitas cukup. Sementara untuk nilai N-Gain score pada kelas kontrol sebesar 23,26 termasuk dalam kategori tingkat efektifitas tidak efektif. Dari hasil analisis data tersebut dapat disimpulkan bahwa metode MIM-MEM (Mimicry-Memorization) efektif dalam meningkatkan penguasaan mufradāt santri Kelas Ta̒lim Lughah di Pondok Pesantren An-Nidhamiyyah Jeppon Pasean Pamekasan Tahun Ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Muhajir S.Pd.I., M.SI
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Metode MIM-MEM (Mimicry-Memorization), Pembelajaran Mufradāt.
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 19 Sep 2021 06:21
Last Modified: 19 Sep 2021 06:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44555

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum