STUDI KOMPARASI BUKU BAHASA ARAB SISWA KELAS 1 MI EDISI KURIKULUM 2013 DAN KMA 183 TAHUN 2019 (Analisis Aspek Kelayakan Materi dan Penyajian)

KHOIRUNNISA, NIM: 17104020023 (2021) STUDI KOMPARASI BUKU BAHASA ARAB SISWA KELAS 1 MI EDISI KURIKULUM 2013 DAN KMA 183 TAHUN 2019 (Analisis Aspek Kelayakan Materi dan Penyajian). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI BUKU BAHASA ARAB SISWA KELAS 1 MI EDISI KURIKULUM 2013 DAN KMA 183 TAHUN 2019 (Analisis Aspek Kelayakan Materi dan Penyajian))
17104020023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview
[img] Text (STUDI KOMPARASI BUKU BAHASA ARAB SISWA KELAS 1 MI EDISI KURIKULUM 2013 DAN KMA 183 TAHUN 2019 (Analisis Aspek Kelayakan Materi dan Penyajian))
17104020023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesesuaian buku bahasa Arab siswa kelas 1 MI edisi Kurikulum 2013 dan KMA 183 Tahun 2019 berdasarkan petunjuk teknis pedoman buku pada Permendikbud Nomor 8 Tahun 2016 ditinjau dari aspek kelayakan materi dan penyajian. Selanjutnya peneliti mendeskripsikan komparasi kesesuaian dari kedua buku tersebut. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode analisis data melalui tiga tahapan, yaitu analisis deskriptif, analisis kategori, dan analisis connecting. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan studi kepustakaan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kedua buku tersebut memiliki banyak persamaan daripada perbedaan. Ditinjau dari aspek kelayakan materi, terdapat satu perbedaan dan empat persamaan. Perbedaan tersebut terletak pada penyebutan sumber materi. Pada buku bahasa Arab siswa kelas 1 MI Kurikulum 2013 tercantum sumber materi pada daftar pustaka, sedangkan pada buku bahasa Arab siswa kelas 1 MI KMA 183 Tahun 2019 tidak terdapat daftar pustaka. Kemudian terdapat empat persamaan yaitu masih terdapat materi yang belum disampaikan dengan benar dan akurat; materi dapat mendorong munculnya kemandirian dan inovasi; materi dapat memotivasi untuk mengembangkan dirinya; serta dapat menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Apabila ditinjau dari aspek kelayakan penyajian, terdapat satu perbedaan dan lima persamaan. Perbedaan tersebut terdapat pada ilustrasi buku. Pada buku bahasa Arab siswa kelas 1 MI Kurikulum 2013 semua ilustrasi dapat memperjelas materi, sedangkan pada buku bahasa Arab siswa kelas 1 MI KMA 183 Tahun 2019 terdapat beberapa ilustrasi yang tidak dapat memperjelas materi. Kemudian terdapat lima persamaan yaitu masih terdapat beberapa materi yang disajikan dengan tidak menarik; ilustrasi yang digunakan tidak mengandung nilai penyimpangan; penyajian materi mampu merangsang untuk berpikir kritis, kreatif, dan inovatif; serta memuat wawasan kontekstual; dan penyajian materi menarik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nisa Syuhda, S.S., M.Hum
Uncontrolled Keywords: Studi Komparasi, Buku Bahasa Arab Siswa Kelas 1 MI Kurikulum 2013, Buku Bahasa Arab Siswa Kelas 1 MI KMA 183 Tahun 2019
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 19 Sep 2021 06:31
Last Modified: 19 Sep 2021 06:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44556

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum