IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KREATIF DI PAUD TUNAS HARAPAN DESA PACAREJO MASA PANDEMI COVID-19

DIAN NOVITASARI, NIM 17104030073 (2021) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KREATIF DI PAUD TUNAS HARAPAN DESA PACAREJO MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KREATIF DI PAUD TUNAS HARAPAN DESA PACAREJO MASA PANDEMI COVID-19)
17104030073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER KREATIF DI PAUD TUNAS HARAPAN DESA PACAREJO MASA PANDEMI COVID-19)
17104030073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya karakter kreatif pada diri individu. Perkembangan teknologi yang semakin canggih, menuntut setiap individu untuk kreatif. Implementasi pendidikan karakter kreatif dalam keluarga perlu dikembangkan, mengingat saat ini pembelajaran dilaksanakan di rumah yang disebabkan oleh pandemi COVID-19. Tujuan penelitian mendeskripsikan implementasi pendidikan karakter kreatif di PAUD Tunas Harapan Desa Pacarejo masa pandemi COVID-19 dan mengetahui faktor pendukung beserta faktor penghambatnya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Lokasi penelitian di PAUD Tunas Harapan, subjek penelitian yaitu 7 keluarga anak didik, kepala sekolah dan 3 pendidik PAUD Tunas Harapan. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, reduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan, sedangkan untuk uji keabsahan menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pendidikan karakter kreatif dalam keluarga dilaksanakan melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan pelaksanaan dilandasi kesadaran dan menggunakan metode bermain, keteladanan, demonstrasi dan bercerita sehingga anak dapat melakukan kegiatan kreatif. Faktor pendukung implementasi pendidikan karakter aspek kreatif dalam keluarga antara lain manajemen waktu yang efektif, kondisi lingkungan, sarana dan prasarana, rangsangan mental, dorongan internal dan peran pendidik. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu, peran keluarga, emosional anak, dan pengawasan guru terlalu ketat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Erni Munastiwi, M.M.
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pendidikan Karakter, Kreatif, Pandemi COVID-19.
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 20 Sep 2021 09:14
Last Modified: 20 Sep 2021 09:14
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44579

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum