EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MICROSOFT SWAY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL DI MASA PANDEMI COVID-19 SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS ATAS

Dina Marliatun Sholihah, NIM.: 17104080055 (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MICROSOFT SWAY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL DI MASA PANDEMI COVID-19 SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS ATAS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MICROSOFT SWAY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL DI MASA PANDEMI COVID-19 SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS ATAS)
17104080055_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MICROSOFT SWAY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TEMATIK UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL DI MASA PANDEMI COVID-19 SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH KELAS ATAS)
17104080055_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Efektivitas Penggunaan Microsoft Sway Sebagai Media Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Literasi Digital di Masa Pandemi Covid-19 Pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Kelas Atas”, Yogyakarta, Program Studi S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2021. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan Microsoft Sway sebagai media pembelajaran tematik untuk meningkatkan literasi digital di masa Pandemi Covid-19 pada siswa kelas atas MIN 2 Kulon Progo, dan (2) mengetahui besarnya efektivitas penggunaan Microsoft Sway sebagai media pembelajaran tematik untuk meningkatkan literasi digital di masa Pandemi Covid-19 pada siswa kelas atas MIN 2 kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen semu (quasi experiment) dan menggunakan desain penelitian One- Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini dibatasi hanya untuk mengetahui besarnya efektivitas penggunaan Microsoft Sway sebagai media pembelajaran tematik untuk meningkatkan literasi digital di masa Pandemi Covid-19 pada siswa kelas atas MIN 2 Kulon Progo. Instrumen penelitian berupa kuesioner dan observasi. Sampel yang digunakan adalah kelas IV MIN 2 Kulon Progo sebanyak 30 peserta didik. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif yang kemudian dianalisis guna mengetahui ada tidaknya pengaruh dan besarnya efektivitas penggunaan media. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Microsoft Sway sebagai media pembelajaran tematik memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan literasi digital, namun kurang efektif untuk meningkatan literasi digital di masa Pandemi Covid-19 pada siswa kelas atas MIN 2 Kulon Progo. Hal tersebut dibuktikan dengan uji gain yang diperoleh nilai sebesar 48,3%yang termasuk dalam kategori kurang efektif (40-55%). Jika dilihat dari besar perbedaan rata-rata peningkatan literasi digital dapat dilihat nilai rata-rata posttest sebesar 86,13 lebih besar dari nilai rata-rata pretest sebesar 86,13. Sedangkan untuk hasil observasi terdapat perbedaan rata-rata nilai observasi akhir sebesar 17,53 lebih besar dari nilai observasi awal sebesar 14,16. Dengan demikian penggunaan Microsoft Sway sebagai media pembelajaran tematik berpengaruh secara signifikan untuk meningkatkan literasi digital di masa Pandemi Covid-19 siswa madrasah kelas atas dengan besarnya keefektifan sebesar 48,3%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Andi Prastowo, M.Pd.I.,
Uncontrolled Keywords: Microsoft Sway, Literasi Digital, Pandemi Covid-19, Pembelajaran Tematik.
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 20 Sep 2021 09:44
Last Modified: 20 Sep 2021 09:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44585

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum