PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL PW NU CARE-LAZISNU DIY DALAM MENINGKATKAN KESADARAN ZAKAT, INFAK DAN SEDEKAH MASYARAKAT

Ach.Fawaid, NIM. 16720046 (2020) PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL PW NU CARE-LAZISNU DIY DALAM MENINGKATKAN KESADARAN ZAKAT, INFAK DAN SEDEKAH MASYARAKAT. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL PW NU CARE-LAZISNU DIY DALAM MENINGKATKAN KESADARAN ZAKAT, INFAK DAN SEDEKAH MASYARAKAT)
16720046_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL PW NU CARE-LAZISNU DIY DALAM MENINGKATKAN KESADARAN ZAKAT, INFAK DAN SEDEKAH MASYARAKAT)
16720046_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Kemiskinan masih menjadi permasalahan paling besar di Indonesia. Atas dasar tersebut banyak organisasi atau masyarakat yang bergerak untuk membantu masyarakat miskin, yaitu dengan membentuk lembaga filantropi Islam. Lembaga filantropi Islam merupakan lembaga yang berorientasi terhadap kesejahteraan sosial yang berbasis kerelawanan dan kemasyarakatan seperti halnya Pengurus Wilayah Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Sedekah Nahdlatul Ulama Daerah Istimewa Yogyakarta (PW NU CARE-LAZISNU DIY). PW NU CARE-LAZISNU DIY dalam mensosialisasikan program dan menghimpun dana sangat memanfaatkan media sosial. Hal tersebut dilakukan oleh PW NU CARE-LAZISNU DIY karena melihat banyaknya masyarakat yang menggunakan media sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pemanfaatan media sosial PW NU CARE-LAZISNU DIY dalam meningkatkan kesadaran zakat, infaq dan sedekah masyarakat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori stimulus, organisme dan respon (S-O-R). Teori S-O-R merupakan suatu prinsip belajar yang mana efek merupakan reaksi terhadap stimulus yang diberikan. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa konten media sosial yang dilakukan oleh PW NU CARE-LAZISNU DIY dapat meningkatkan kesadaran zakat, infak dan sedekah (ZIS) masyarakat. Salah satu bukti bahwa ada peningkatan kesadaran masyarakat atas ZIS yaitu dengan bertambahnya pemasukan lembaga dan donatur (orang yang berdonasi baik itu berupa uang, barang dan jasa). Akan tetapi peningkatannya tersebut tidak terlalu signifikan, dikarenakan PW NU CARE-LAZISNU DIY hanya terfokus pada media sosial Instagram.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr.Yayan Suryana, S. Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Filantropi Islam; media sosial; NU CARE-LAZISNU
Subjects: Hukum Islam > Zakat
Media Sosial
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 20 Sep 2021 14:56
Last Modified: 20 Sep 2021 14:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44609

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum