PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS LECTORA INSPIRE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PESANTREN MODERN AS-SAKIENAH INDRAMAYU TAHUN AJARAN 2020/2021

Rezal Musthafa, NIM : 17104020032 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS LECTORA INSPIRE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PESANTREN MODERN AS-SAKIENAH INDRAMAYU TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS LECTORA INSPIRE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PESANTREN MODERN AS-SAKIENAH INDRAMAYU TAHUN AJARAN 2020/2021)
17104020032_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS LECTORA INSPIRE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII PESANTREN MODERN AS-SAKIENAH INDRAMAYU TAHUN AJARAN 2020/2021)
17104020032_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh minimnya pemanfaatan media pembelajaran dalam kelas, serta penggunaan buku Bahasa Arab baru di Pesantren Modern As-Sakienah yang dinilai lebih sukar bagi pemula dari pada buku yang biasa digunakan sebelumnya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran bahasa Arab berbasis Lectora Inspire sebagai upaya dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII Pesantren Modern As-Sakienah Indramayu. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Research and Development dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation).. Sedangkan pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, tes, dan angket. Data yang diperoleh adalah hasil uji kelayakan dan uji hipotesis terkait efektivitas media terhadap hasil belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pengembangan media pembelajaran Bahasa Arab berbasis Lectora Inspire memenuhi kriteria kelayakan dengan kategori kelayakan sangat layak. Media pembelajaran memenuhi kriteria sangat layak pada semua rata-rata skor setelah diujikan kepada ahli media, ahli materi, guru Bahasa Arab, dan peserta didik. Media pembelajaran Bahasa Arab efektif dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Arab peserta didik pada kelas VII Madrasah Tsanawiyah As-Sakienah. Uji Mann Whitney dengan hasil nilai Asymp. Sig(2-tailed) 0.05. Pengujian N-Gain Score dilakukan untuk mendapatkan seberapa besar peningkatan yang terjadi pada kedua kelas eksperimen dan kontrol. Rata-rata nilai N-Gain Score yang diperoleh kelas Eksperimen adalah 0.65 pada kategori sedang. Sedangkan rata-rata nilai N-Gain Score yang diperoleh oleh kelas kontrol adalah 0.45 termasuk dalam kategori sedang. Nilai kelas eksperimen lebih besar dari nilai kelas kontrol 0.65 > 0.45 dengan kesimpulan bahwa peningkatan hasil belajar siswa lebih baik pada kelas eksperimen.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Nurhadi, M.A
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Lectora Inspire, Hasil Belajar Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 22 Sep 2021 13:31
Last Modified: 22 Sep 2021 13:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44673

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum