ANALISIS BUKU BAHASA ARAB UNTUK SISWA TINGKAT MADRASAH ALIYAH TERBITAN KEMENAG TAHUN 2020

MELIANA ROBIATULMAHMUDAH, NIM. 17104020042 (2021) ANALISIS BUKU BAHASA ARAB UNTUK SISWA TINGKAT MADRASAH ALIYAH TERBITAN KEMENAG TAHUN 2020. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS BUKU BAHASA ARAB UNTUK SISWA TINGKAT MADRASAH ALIYAH TERBITAN KEMENAG TAHUN 2020)
17104020042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS BUKU BAHASA ARAB UNTUK SISWA TINGKAT MADRASAH ALIYAH TERBITAN KEMENAG TAHUN 2020)
17104020042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena terdapat perubahan pada kurikulum berdasarkan KMA 183 tahun 2019, Keputusan Menteri Agama tersebut mengharuskan perubahan pada buku pelajaran dalam segi substansi materi. Kemenag telah menerbitkan buku teks bahasa Arab tingkat Aliyah mencakup kelas X, XI, XII yang disesuaikan dengan KMA 183 tahun 2019. Namun, berdasarkan wawancara terhadap guru pengampu ditemukan beberapa keluhan, diantaranya isi/materi buku ajar sulit, kesalahan dalam penulisan, hingga ketidaksesuaian gambar ilustrasi. Penelitian ini betujuan untuk mengetahui kualitas kelayakan buku bahasa Arab tingkat Aliyah terbitan Kemenag tahun 2020 sebagai bahan ajar pelajaran bahasa Arab ditinjau dari standar kelayakan menurut BSNP yang mencakup kelayakan isi, penyajian, kebahasaan, dan kegrafikan. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research) dengan objek penelitian buku bahasa Arab tingkat Aliyah yang disesuaikan dengan KMA 183 tahun 2019. Penelitian ini dilakukan dengan pengamatan terhadap sumber data baik primer maupun sekunder. Teknik analisis data menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil dari penelitian ini adalah pertama, segi isi/materi secara umum kekurangan ketiga buku terdapat pada keakuratan ilustrasi, khusus buku kelas X materi perlu dilengkapi sesuai kurikulum, dan khusus kelas XII perlu diperhatikan segi pembahasan gramatika dimana ditemukan kesalahan penyebutan adawatul jazmi. Kedua, segi penyajian perlu diperhatikan keseimbangan materi tiap bab dan kelengkapan pendukung penyajian. Ketiga, segi kebahasaan kekurangannya yaitu kekeliruan dan ketidaksempurnaan syakal pada beberapa kata yang berupa susunan idhofah dan na’at man’ut. Keempat, dari segi kegrafikan ketiga buku tersebut memiliki desain yang mirip, kekurangannya adalah penggunaan kaligrafi yang kurang diperhatikan tingkat keterbacaan pada cover buku, penulisan judul yang terlalu kecil, terdapat gambar yang kurang proporsional, dan sulit diinterpretasikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Muhammad Jafar Shodiq, S. Pd. I., M.S.I.,
Uncontrolled Keywords: Analisis, Buku Bahasa Arab, Madrasah Aliyah
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 22 Sep 2021 13:41
Last Modified: 22 Sep 2021 13:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44674

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum