STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK MASA PANDEMI COVID-19

I’in Anggryani, NIM. 17104030010 (2021) STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK MASA PANDEMI COVID-19. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK MASA PANDEMI COVID-19)
17104030010_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STRATEGI PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ANAK USIA DINI BERBASIS MANAJEMEN TENAGA PENDIDIK MASA PANDEMI COVID-19)
17104030010_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Mutu pendidikan merupakan tolok ukur untuk menilai keberhasilan sekolah dalam mengelola pendidikan yang berkualitas. Oleh karena itu, pencapaian kualitas yang baik dapat dilakukan melalui berbagai macam strategi. Salah satu strategi adalah peningkatan mutu pendidikan berbasis manajemen tenaga pendidik. Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi dan dampak peningkatan mutu pendidikan anak usia berbasis manajemen tenaga pendidik pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan sumber data kepala sekolah dan tenaga pendidik TK Lahila O’o. Teknik pengumpulan data adalah menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data digunakan teknik analisis model interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangkan untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, strategi yang dilakukan untuk mencapai mutu yang berkualitas di lembaga tersebut adalah pemenuhan sarana dan prasarana sekolah seperti penyediaan alat-alat kesehatan seperti masker, dan tempat cuci tangan serta media APE, buku cerita, kartu gambar dan lainnya, penetapan standar penilaian dengan kedisiplinan dan kerapian tenaga pendidik, pemberian arahan kepada guru maupun anak didik dalam pengajaran berupa motivasi terhadap tenaga pendidik dan anak didik, meningkatkan profesionalisme guru dilakukan melalui pelatihan dan pembinaan khusus untuk anak didik diterapkan apabila anak didik membutuhkan bimbingan khusus. Kedua, dampak implementasi strategi peningkatan mutu pendidikan adalah dampak positif memberikan rasa bangga kepala lembaga, tenaga pendidik, orang tua anak didik/ siswa dan masyarakat. selanjutnya memberikan rasa percaya diri kepada tenaga pendidik karena mampu menjadikan TK Lahila menjadi TK Pembina. Adapun dampak lain dalam peningkatan mutu pendidikan berbasis manajemen tenaga pendidik di TK Lahila adalah, pelatihan untuk tenaga pendidik yang terbatas, tidak ada pelatihan tenaga pendidik ke lembaga favorit atau negeri, dan tidak ada peningkatan bahasa inggris dan IPTEK untuk tenaga pendidik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Erni Munastiwi, M.M.,
Uncontrolled Keywords: Manajemen Tenaga Pendidik, Mutu PAUD, Pandemi Covid-19
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 22 Sep 2021 14:13
Last Modified: 22 Sep 2021 14:13
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44679

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum