KORELASI ANTARA KELEKATAN ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK DI RA DARUSSALAM TERSOBO KECAMATAN PREMBUN KABUPATEN KEBUMEN

AGUSTIN NOFITASARI, NIM : 17104030016 (2021) KORELASI ANTARA KELEKATAN ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK DI RA DARUSSALAM TERSOBO KECAMATAN PREMBUN KABUPATEN KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KORELASI ANTARA KELEKATAN ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK DI RA DARUSSALAM TERSOBO KECAMATAN PREMBUN KABUPATEN KEBUMEN)
17104030016_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (KORELASI ANTARA KELEKATAN ORANG TUA TERHADAP KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK DI RA DARUSSALAM TERSOBO KECAMATAN PREMBUN KABUPATEN KEBUMEN)
17104030016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi kelekatan orang tua, kecerdasan interpersonal anak dan seberapa besar korelasi antara variabel kelekatan orang tua dan variabel kecerdasan interpersonal anak di RA Darussalam Tersobo. Penelitian ini hanya menggunakan data populasi karena jumlah responden yang digunakan kurang dari 50 responden. Oleh karena itu, tidak ada istilah pengambilan sampel dalam penelitian ini. Metode yang digunakan berupa teknik analisis data deskriptif yang berisi penyajian data yang dilakukan melalui grafik, diagram batang, perhitungan modus, median, mean, perhitungan penyebaran data melalui perhitungan penyebaran data melalui perhitungan rata-rata dan standar deviasi, dan mencari kuatnya hubungan antara variabel melalui analisis korelasi. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner (angket) dan observasi dengan jumlah subjek sebanyak 27 anak dan 2 orang guru. Hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dua macam yaitu Ha dan Ho (asosiatif). Hasil dari penelitian ini ialah pada variabel kelekatan orang tua/wali murid anak RA Darussalam Tersobo sebesar 1446 (sum) jumlah nilai semua anggota, nilai terendah sebesar 39, nilai tertinggi 63, range atau rentang jarak nilai maksimum dan minimum pada variabel kelekatan orang tua adalah 24, modus atau nilai yang sering muncul adalah 58, median atau nilai tengah 55, mean atau nilai rata-rata 53.56, standar deviasi atau simpangan baku 6.23. Sedangkan nilai kecerdasan interpersonal anak RA Darussalam, jumlah nilai semua anggota (sum) 2297, nilai tertinggi 96, nilai terendah 60, range atau rentang jarak nilai maksimum dan minimum pada variabel kelekatan orang tua adalah 36, nilai yang sering muncul adalah 79, median atau nilai tengah 86, mean atau nilai rata-rata 85.07, standar deviasi atau simpangan baku 8.21. Nilai angka korelasi berdasarkan analisis korelasi rank spearman melalui SPSS dan manual adalah 0,891 dan 0,887 yang artinya korelasi antara variabel kelekatan orang tua dan kecerdasan interpersonal anak dinyatakan sporius dalam kategori kuat artinya adanya hubungan yang kuat antara kelekatan orang tua dan kecerdasan interpersonal anak di RA Darussalam Tersobo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H Suismanto, M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kelekatan Orang Tua, Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 22 Sep 2021 14:40
Last Modified: 22 Sep 2021 14:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44684

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum