PENYUSUNAN BUKU MANAJEMEN LABORATORIUM KIMIA GUNA PENGELOLAAN LABORATORIUM KIMIA SMA DI YOGYAKARTA BERBASIS 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin)

Yuli Asih Puspa W., NIM. 17106070020 (2021) PENYUSUNAN BUKU MANAJEMEN LABORATORIUM KIMIA GUNA PENGELOLAAN LABORATORIUM KIMIA SMA DI YOGYAKARTA BERBASIS 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENYUSUNAN BUKU MANAJEMEN LABORATORIUM KIMIA GUNA PENGELOLAAN LABORATORIUM KIMIA SMA DI YOGYAKARTA BERBASIS 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin))
17106070020_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENYUSUNAN BUKU MANAJEMEN LABORATORIUM KIMIA GUNA PENGELOLAAN LABORATORIUM KIMIA SMA DI YOGYAKARTA BERBASIS 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin))
17106070020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran kimia seringkali dianggap sulit, hal ini karena pada pembelajaran kimia terdapat banyak teori dan bersifat abstrak. Namun pembelajran kimia dapat dikemas secara lebih menarik, salah satunya adalah dengan cara pembelajaran kimia di laboratorium. Pembelajaran di laboratorium dapat meningkatkan peahaman siswa terhadap materi kimia, karena di laboratorium siswa dapat secara langsung melihat, mempraktikan, dan mengamati konsep yang telah didapatkan di kelas. Hal ini tentu harus ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai, seperti yang telah di atur dalam Permendiknas No. 24 Tahun 2007 tentang sarana dan prasarana SMA/MA. Bahwa dianaranya sekolah harus memiliki laboratorium kimia untuk menunjang pemnbelajaran. Penelitian ini bertujuan mengembangkan buku manajemen laboratorium kimia SMA berbasis 5R yang dapat digunakan sebagai sumber referensi tambahan bagi tenaga laboratorium untuk mengelola laboratorium kimia pada tingkat SMA/MA. Salah satu teknik penataan yang sering digunakan untuk mengatur keselamatan dan keamanan ditempat kerja adalah teknik 5S/5R. Teknik 5S yaitu Seiri, Seiton, Seiso, Seiketsu, Shiketsu, yang kemudian diadaptasi dalam bahasa indonesia menjadi 5R yaitu Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin. Laboratorium kimia harus dikelola dengan baik sehingga tercipta laboratorium menjadi lebih terkelola dan keselamatan dan keamanan di laboratorium dapat terjamin. Pengembangan produk buku Manajemen Laboratorium Kimia SMA berbasis 5R ini meliputi proses proses penyusunan dan penentuan kualitas kelayakan buku yang dihasilkan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini diadaptasi dari model pengembangan 4-D (four D) yang terdiri dari empat tahapan, yaitu define (pendefinisian), desing (perencanaan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebarluasan), namun pada tahap disseminate (penyebarluasan) tidak dilakukan. Produk divalidasi oleh dosen pembimbing dan tiga peer reviewer. Kualitas produk dinilai oleh satu dosen ahli materi, satu dosen ahli media dan tiga reviewer (kepala laboratorium dan tenaga laboran), serta direspon oleh sepuluh guru Kimia SMA/MA. Penilaian kualitas produk menggunakan lembar angket skala Likert, sedangkan respon guru kimia menggunakan lembar angket skala Guttman. xviii Produk yang dikembangkan merupakan media cetak berukuran A5 berisi manajemen pengelolaan laboratorium kimia dengan teknik 5R dan keselamatan kerja di laboratorium kimia. Hasil penilaian kualitas produk oleh ahli materi mendapatkan persentase 96,36%, dengan kategori Saangat Baik (SB), penilaian kualitas produk oleh ahli media mendapatkan persentase 90% ,dengan kategori Sangat Baik (SB), dan penilaian kualitas produk oleh reviewer mendapatkan persentase 87,71%, dengan kategori Sangat Baik (SB). Produk ini direspon positif oleh guru kimia SMA/MA dengan persentase 94,28%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Khamidinal M.Si
Uncontrolled Keywords: penelitian pengembangan, buku, manajemen laboratorium kimia, Teknik 5S/5R
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 23 Sep 2021 11:44
Last Modified: 15 Mar 2022 13:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44711

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum