PENGARUH KEDISIPLINAN TERHADAP KEBERHASILAN TAHFIDZ AL-QUR’ĀN SISWA KELAS X MAN 1 YOGYAKARTA

HASANATUL MAGHFIROH, NIM. 13410069 (2020) PENGARUH KEDISIPLINAN TERHADAP KEBERHASILAN TAHFIDZ AL-QUR’ĀN SISWA KELAS X MAN 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH KEDISIPLINAN TERHADAP KEBERHASILAN TAHFIDZ AL-QUR’ĀN SISWA KELAS X MAN 1 YOGYAKARTA)
13410069_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH KEDISIPLINAN TERHADAP KEBERHASILAN TAHFIDZ AL-QUR’ĀN SISWA KELAS X MAN 1 YOGYAKARTA)
13410069_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Hasanatul Maghfiroh, NIM. 13410069. Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Keberhasilan Tahfidz Al-Qur’ᾱn Siswa Kelas X MAN 1 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2020. Latar belakang penelitian ini adalah adanya proses pembelajaran Tahfidz Al-Qur’ᾱn yang dilaksanakan di kelas sebagai pelajaran wajib bagi seluruh siswa di MAN 1 Yogyakarta yang tergolong masih baru. Untuk mencapai hasil yang baik dari pembelajaran Tahfidz Al-Qur’ᾱn, sangat diperlukan adanya kedisiplinan yang diterapkan oleh guru ataupun Madrasah kepada siswa. Pentingnya disiplin dalam menghafal Al-Qur’ᾱn akan menanamkan sikap bertanggung jawab pada diri seorang siswa untuk senantiasa lebih fokus dan sungguh-sungguh dalam menghafal Al-Qur’ᾱn. Adapun tujuan dari penelitian ini, yaitu: Pertama, untuk mengetahui bagaimana kedisiplinana siswa dalam proses pembelajaran Tahfidz Al-Qur’ᾱn siswa kelas X MAN 1 Yogyakarta. Kedua, untuk mengetahui hasil nilai pembelajaran Tahfidz Al-Qur’ᾱn siswa kelas X MAN 1 Yogyakarta. Ketiga, untuk membuktikan adanya pengaruh kedisiplinan siswa terhadap keberhasilan pembelajaran Tahfidz Tahfidz Al-Qur’ᾱn siswa kelas X MAN 1 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan, dengan metode penelitian kuantitatif yang mengambil lokasi di MAN 1 Yogyakarta. Populasi penelitian ini siswa kelas X MAN 1 Yogyakarta tahun pelajaran 2019/2020 sebanyak 147 siswa. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Pengumpulan data ini dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan angket. Analisis instrument meliputi validitas dan reliabilitas. Hasil ananlisis validitas menunjukkan dari 40 pernyataan dinyatakan valid. Sedangkan analisisi variabel menunjukkan koefisien reliabilitas pada kedisiplinan siswa sebesar 0,918 sedangkan pada keberhasilan Tahfidz sebesar 0,922 dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis normalitas, linieritas dan regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Adanya bentuk kedisiplinan siswa dalam pembelajaran Tahfidz Al-Qur’ᾱn yang meliputi disiplin waktu, disiplin dalam proses pembelajaran dan disiplin dalam menghafal. 2) Hasil dari nilai yang diperoleh siswa pada ujian semester dapat dikatakan baik, dari nilai terendah 80 hanya 3 orang dengan perolehan nilai di bawah angka tersebut. 3) Kedisiplinan mempengaruhi keberhasilan pembelajaran Tahfidz Al-Qur’ᾱn siswa kelas X MAN 1 Yogyakarta. Kata Kunci: Kedisiplinan, Tahfidz Al-Qur’ᾱn.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: PROF. DR. HJ. MARHUMAH, M.PD.
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan, Tahfidz Al-Qur’ᾱn.
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: S.Sos. WIDYASTUTI KARTINI
Date Deposited: 24 Sep 2021 12:07
Last Modified: 24 Sep 2021 12:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44739

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum