PENGEMBANGAN SuCA (SOLUTION CALCULATOR APPLICATION) BERBASIS ANDROID SEBAGAI ALAT BANTU GURU DALAM MEMPERSIAPKAN PRAKTIKUM KIMIA

Zainal Arif Subekti, NIM.: 16670043 (2020) PENGEMBANGAN SuCA (SOLUTION CALCULATOR APPLICATION) BERBASIS ANDROID SEBAGAI ALAT BANTU GURU DALAM MEMPERSIAPKAN PRAKTIKUM KIMIA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN SuCA (SOLUTION CALCULATOR APPLICATION) BERBASIS ANDROID SEBAGAI ALAT BANTU GURU DALAM MEMPERSIAPKAN PRAKTIKUM KIMIA)
16670043_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN SuCA (SOLUTION CALCULATOR APPLICATION) BERBASIS ANDROID SEBAGAI ALAT BANTU GURU DALAM MEMPERSIAPKAN PRAKTIKUM KIMIA)
16670043_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Kimia adalah salah satu mata pelajaran yang menuntut adanya perpaduan antara eksperimen dan teori. Praktikum atau eksperimen di sekolah merupakan kegiatan pembelajaran yang berfungsi untuk menguji atau membuktikan suatu teori, sehingga kegiatan praktikum tidak bisa dilepaskan dari pembelajaran kimia. Namun pada pelaksanaanya ternyata masih banyak kendala dalam kegiatan praktikum. Salah satu kendala yang umum terjadiadalah keterbatasan waktu untuk mata pelajaran kimia. Selain itu, sekolah yang belum memiliki laboran mengakibatkan guru harus mempersiapkan praktikum sendiri. Persiapan praktikum memerlukan beberapa tahap, mulai dari menyusun petunjuk praktikum sampai menyiapkan bahan yang digunakan dalam praktikum. Bahan praktikum kebanyakan berbentuk larutan, sehingga harus dilakukan proses pembuatan larutan bahan. Padahal pembuatan larutan ini harus melalui perhitungan yang cukup rumit, sehingga tidak dapat dilakukan dengan cepat. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode penelitian dan pengembangan dari Borg dan Gall, yang mencangkup lima tahapan yaitu (1) penelitian dan pengumpulan data, (2) perencanaan, (3) pengembangan draf produk, (4) uji coba lapangan awal, dan (5) revisi hasil uji coba lapangan awal. Produk direview oleh tiga orang peer reviewer, dan divalidasi oleh dua orang ahli yaitu ahli materi dan ahli media. Kualitas produk dinilai oleh satu ahli materi, satu ahli media, dan lima pengguna (guru kimia). Penilaian kualitas produk dilakukan menggunakan angket berstruktur dengan skala likert empat kategori yaitu sangat baik (SB), baik (B), kurang (K), dan sangat kurang (SK). Produk yang dikembangkan merupakan aplikasi kalkulator untuk membuat larutan kimia berbasis android. Apikasi ini berisi lima menu utama, yaitu kalkulator untuk membuat larutan dari bahan dasar padatan, membuat larutan dari bahan dasar larutan, menghitung pengenceran larutan, mengkonversi konsentrasi, dan membuat larutan logam dengan konsentrasi ppm dari bahan dasar padatan. Hasil penilaian produk oleh ahli materi menunjukkan kualitas produk sangat baik (SB) dengan persentase keidealan 78,6%. Sedangkan dari ahli media diperoleh kesimpulan bahwa kualitas produk sangat baik dengan persentase keidealan 95,3%. Sedangkan penilaian dari pengguna (guru kimia) menunjukan kualitas produk sangat baik (SB) dengan persentase keidealan 83,3%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Muhammad Zamhari, S.Pd.Si., M.Sc
Uncontrolled Keywords: praktikum kimia, kalkulator larutan, aplikasi android
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 05 Oct 2021 08:15
Last Modified: 05 Oct 2021 08:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44966

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum