PENGEMBANGAN QUICK RESPONSE CODE (QR CODE) KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN TINGGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SUB MATERI POKOK PLANTAE UNTUK SISWA KELAS X SMA N 1 BANGUNTAPAN

Nanik Isnatul Rahmawati, NIM.: 16680045 (2020) PENGEMBANGAN QUICK RESPONSE CODE (QR CODE) KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN TINGGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SUB MATERI POKOK PLANTAE UNTUK SISWA KELAS X SMA N 1 BANGUNTAPAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN QUICK RESPONSE CODE (QR CODE) KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN TINGGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SUB MATERI POKOK PLANTAE UNTUK SISWA KELAS X SMA N 1 BANGUNTAPAN)
16680045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN QUICK RESPONSE CODE (QR CODE) KEANEKARAGAMAN TUMBUHAN TINGGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA SUB MATERI POKOK PLANTAE UNTUK SISWA KELAS X SMA N 1 BANGUNTAPAN)
16680045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan produk QR Code sebagai media pembelajaran serta untuk mengetahui kualitas produk QR Code yang telah dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian R&D dengan model pengembangan mengadaptasi model 4D Thiagarajan yang terdiri dari define, design, develop dan disseminate. Penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap develop. Instrumen penelitian berupa lembar penilaian kualitas media pembelajaran, angket penilaian dari ahli, dan angket respon siswa dalam bentuk checklist. Media Pembelajaran ini dinilai oleh 2 dosen ahli, 2 guru biologi, 2 peer reviewer, dan respon siswa kelas X MIPA sejumlah 21 siswa. Media yang dikembangkan adalah QR Code disertai buku panduan penggunaan QR Code. Berdasarkan penilaian kualitas produk dari ahli materi mendapatkan hasil persentase ideal 90,67% dengan kategori sangat baik, penilaian ahli media mendapatkan presentase ideal 93,33% kategori sangat baik, penilaian dari guru biologi dengan nilai persentase ideal 81.72% dengan kategori sangat baik, penilaian dari peer reviewer dengan nilai persentase ideal adalah 96,90% kategori sangat baik, dan respon siswa mendapatkan persentase ideal 89,90% dengan kategori sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berupa QR Code disertai buku panduan yang dikembangkan layak digunakan sebagai media pembelajaran untuk siswa kelas X SMA N 1 Banguntapan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Annisa Firanti.S.Pd.Si.M.Pd
Uncontrolled Keywords: QR Code, Media pembelajaran, Tumbuhan Tinggi
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 05 Oct 2021 11:24
Last Modified: 05 Oct 2021 11:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/44989

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum