KITAB AL-ARBA'IN AL- NAWAWIYYAH LI AL-IMAM AL-NAWAWIY (DIRASAH TAHLILIYYAH AL-SHARFIYYAH FI AL-TSULASIYYAH AL-MAZIDAHY WA FAWAIDIHA)

Zaki Romdhon Muhabib, NIM.: 14110021 (2021) KITAB AL-ARBA'IN AL- NAWAWIYYAH LI AL-IMAM AL-NAWAWIY (DIRASAH TAHLILIYYAH AL-SHARFIYYAH FI AL-TSULASIYYAH AL-MAZIDAHY WA FAWAIDIHA). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KITAB AL-ARBA'IN AL- NAWAWIYYAH LI AL-IMAM AL-NAWAWIY (DIRASAH TAHLILIYYAH AL-SHARFIYYAH FI AL-TSULASIYYAH AL-MAZIDAHY WA FAWAIDIHA))
14110021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KITAB AL-ARBA'IN AL- NAWAWIYYAH LI AL-IMAM AL-NAWAWIY (DIRASAH TAHLILIYYAH AL-SHARFIYYAH FI AL-TSULASIYYAH AL-MAZIDAHY WA FAWAIDIHA))
14110021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Ilmu sharaf merupakan salah satu ilmu dalam bahasa arab yang memiliki peran yang sangat penting. Ruang lingkup pembahasan ilmu sharaf yaitu mengenai pembentukan kata dan perubahan pada kata، sehingga mengakibatkan perubahan makna. Kata dalam bahasa arab itu dibagi tiga، yaitu isim (kata benda)، fi’il(kata kerja)، dan harf. Ditinjau dari jumlah huruf asli ، fi’il dibagi menjadi dua macam ، yaitu fi’il yang memiliki tiga huruf asli (tsulatsi) dan fi’il yang memiliki empat huruf asli (ruba’i). Sedangkan jika dilihat dari keaslian hurufnya، fi’il dibagi menjadi dua ،yaitu fi’il yang kosong dari tambahan huruf ( mujarrad) dan fi’il yang memiliki tambahan huruf (mazid). Perubahan kata yang disebabkan oleh penambahan huruf mengakibatkan perubahan makna pada kata tersebut. Fi’il tsulatsi mazid terdiri dari 3 bab dan 12 wazan yang masing-masing memiliki fungsi atau faedah yang berbeda-beda. Sehingga jika ingin mengetahui maknanya harus disesuaikan dengan konteks dan kedudukannya dalam suatu kalimat. Buku al Arba’in al Nawawiyyah merupakan kitab yang dikarang oleh Imam Yahya bin Syarafuddin al Nawawi atau lebih dikenal sebagai Imam Nawawi. Buku ini memuat empat puluh dua hadits pilihan. Buku ini sangat terkenal di kalangan pesantren di Indonesia. Peneliti memilih kitab ini sebagai objek penelitian ، karena dalam kitab ini terdapat banyak fiil tsulatsi mazid yang bermacam-macam bentuknya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk dan wazan fiil tsultasi mazid yang terdapat dalam kitab al arba’in al nawawiyyah، dan juga untuk mengetahui faidah-faidah yang terkandung didalamnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan memaparkan data dalam bentuk kata-kata. Sedangkan untuk menganalisis data، peneliti menggunakan metode deskriptif yang disesuaikan dengan kaidah-kaidah ilmu sharf yang bersumber dari beberapa referensi buku. Dalam buku al Arba’in al Nawawiyyah ، peneliti menemukan 140 shighat fiil tsulasi mazid yang terdiri dari 81 fi’il yang memiliki tambahan satu huruf، 38 fi’il yang memiliki tambahan 2 huruf dan ada 21 fi’il yang memiliki 3 huruf tambahan. Adapun faidah tsulatsi mazid yang di temukan dalam buku ini sangat bervariasi، diantaranya al ta’diyah ، al musyarakah ، al takalluf ، al ittikhadz ، al shaiyrurah ، al muthawa’ah ، al thalab ، al istihqaq ، al mubalaghah ، bi ma’na al mujarrad، dan faidah-faidah yang lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs. Musthofa, M.A.
Uncontrolled Keywords: Ilmu Sharaf, Kitab Al Arba’in Al Nawawiyyah, Al Arba’in Al Nawawiyyah
Subjects: Kesusastraan Arab > Bahasa dan Sastra Arab - Analisis Teks
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 08 Oct 2021 14:05
Last Modified: 08 Oct 2021 14:05
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45168

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum