IMPLEMENTASI PELAKSANAAN BIDANG LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENANAMKAN KEDISIPLINAN KELOMPOK B DI TK ABA KARANGHARJO BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA

Katrin Nurul Putranti, NIM.; 14430073 (2020) IMPLEMENTASI PELAKSANAAN BIDANG LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENANAMKAN KEDISIPLINAN KELOMPOK B DI TK ABA KARANGHARJO BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PELAKSANAAN BIDANG LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENANAMKAN KEDISIPLINAN KELOMPOK B DI TK ABA KARANGHARJO BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA)
14430073_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PELAKSANAAN BIDANG LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENANAMKAN KEDISIPLINAN KELOMPOK B DI TK ABA KARANGHARJO BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA)
14430073_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena pentingnya penanaman kedisiplinan sejak usia dini dengan menggunakan bimbingan dan konseling. Bimbingan dan koseling pada pendidikan anak usia dini sangat berbeda dengan bimbingan dan konseling pada pendidikan di usia anak selanjutnya. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara semi struktur dan dokumentasi. Adapun analisis data dengan model Milles Huberman, terdiri atas: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan : 1) Implementasi pelaksanaan bidang bimbingan dan konseling untuk menanamkan kedisiplinan pada anak kelompok B di TK ABA Karangharjo Kalitirto Berbah Sleman yaitu diawali dengan menyusun kurikulum, melakukan koordinasi antar guru maupun dengan orang tua. Dalam pelaksanaannya bimbingan dan konseling mengimplementasikan beberapa teknik yaitu aktif, kreatif; efektif, dan menyenangkan. Selain itu, penilaian bimbingan konseling menggunakan cara yaitu hasil karya, checklist, dan catatan anekdot. Terakhir, evaluasi yaitu dengan melakukan evaluasi kepada anak dirumah maupun di sekolah. 2) Faktor-faktor pendukungnya yaitu guru lulusan S1 di didang Bimbingan dan Konseling (BK), kerjasama antara pihak sekolah dengan puskesmas dan lembaga psikologi, peran orang tua, kesadaran diri anak didik. Faktor-faktor penghambat yaitu kondisi lingkungan yang kurang kodusif dan pengaruh teman sebaya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Hafidh ‘Aziz, M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: PAUD; Karakter; Kecerdasan
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya edt
Date Deposited: 02 Dec 2021 09:52
Last Modified: 02 Dec 2021 09:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45344

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum