LIVING ISLAMIC VALUE UNTUK MENURUNKAN STRES DAN MENINGKATKAN KEBERMAKNAAN HIDUP SISWI KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) (STUDI PADA SISWI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 SIGLI)

Teuku Amnar Saputra, NIM.: 18200010167 (2021) LIVING ISLAMIC VALUE UNTUK MENURUNKAN STRES DAN MENINGKATKAN KEBERMAKNAAN HIDUP SISWI KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) (STUDI PADA SISWI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 SIGLI). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (LIVING ISLAMIC VALUE UNTUK MENURUNKAN STRES DAN MENINGKATKAN KEBERMAKNAAN HIDUP SISWI KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) (STUDI PADA SISWI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 SIGLI))
18200010167_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (LIVING ISLAMIC VALUE UNTUK MENURUNKAN STRES DAN MENINGKATKAN KEBERMAKNAAN HIDUP SISWI KORBAN KEKERASAN DALAM RUMAH TANGGA (KDRT) (STUDI PADA SISWI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 SIGLI))
18200010167_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pada Era Pandemi Covid 19 usat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) Aceh mencatat ada sebanyak 379 kasus kekerasan pada perempuan dan anak. Kasus kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) masih mendominasi sebagai angka terbesar pada tahun 2019 7di seluruh Indonesia dan pada masa pandemi juga masih mendominasi di wilayah Provinsi Aceh. Sehingga harus adanya sebuah langkah dalam upaya melakukan preventif maupun kuratif dalam menekan serta menyelesaikan kasus KDRT. Pemilihan sekolah sebagai sasaran dalam hal ini tidak terlepas dari ada begitu banyaknya kasus KDRT yang terjadi pada anak. Ada banyak langkah yang telah dilakukan oleh para akademisi maupun praktisi dalam melakukan pemulihan psikis terhadap perempuan korban KDRT. Dari beberapa pendekatan yang telah dikemukakan belum adanya pendekatan yang berbasis nilai untuk menekan dan menyelesaikan beragam kasus KDRT pada siswa. Pendekatan yang berbasis Nilai Islami menjadi cocok untuk diterapkan mengingat mayoritas siswa di Aceh beragama Islam. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Living Islamic Values untuk menurunkan stres dan meningkatkan kebermaknaan hidup Korban Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) studi pada siswa SMK Negeri 1 Sigli. Metode penelitian ini menggunakan metode campuran (Mixed Methode) Penelitian ini menggunakan desain Quasi Exsperiment one group pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah siswi korban kekerasan dalam rumah tangga. Pemilihan subjek menggunakan teknik Purposive sampling dengan meminta bantuan Guru BK untuk memilih siswa dengan kasus yang sama. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument pretest dan posttest dengan skala stres dan kebermaknaan hidup dan wawancara mendalam dengan subjek penelitian. Hasil penelitian menunjukkan adanya perubahan yang signifikan antara data sebelum dan setelah diberikan intervensi pendekatan Living Islamic Value. Adanya penurunan tingkat stres dan peningkatan kebermaknaan hidup pada siswa setelah diberikan intervensi pendekatan Living Islamic Values. Siswa merasa lega dan Living Islamic Values mampu menjadi pedoman dalam mendapatkan sebuah kehidupan yang bermakna. Sehingga dapat dikatakan pendekatan Living Islamic Values efektif dalam menurunkan stres dan meningkatkan kebermaknaan hidup siswi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Dari hasil penelitian ini dapat ditegaskan bahwa Living Islamic Values dapat menjadi rujukan dan pedoman dalam menangani kasus siswa terutama kasus KDRT.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Muqowim, S.Ag.,M.Ag
Uncontrolled Keywords: Living Islamic Value, Stres, Kebermaknaan Hidup, Perempuan, KDRT
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
KEKERASAN - ANAK
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 13 Oct 2021 12:07
Last Modified: 13 Oct 2021 12:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45363

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum