LIVING QUR’A>N DAN PROGRAM MADRASAH UNGGULAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAHIRAN BERBAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 6 SLEMAN

AAM AMALIA, NIM. 18204020003 (2021) LIVING QUR’A>N DAN PROGRAM MADRASAH UNGGULAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAHIRAN BERBAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 6 SLEMAN. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (LIVING QUR’A>N DAN PROGRAM MADRASAH UNGGULAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAHIRAN BERBAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 6 SLEMAN)
18204020003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (11MB) | Preview
[img] Text (LIVING QUR’A>N DAN PROGRAM MADRASAH UNGGULAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAHIRAN BERBAHASA ARAB DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 6 SLEMAN)
18204020003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Kegiatan living qur’an di madrasah merupakan upaya madrasah dalam menghidupkan Al-Qur’an di lingkungan sekolah, adanya living qur’an mensinergikan antara kegiatan Al-Qur’an dengan peminatan kelas bahasa Arab sebagai salah satu program unggulan di madrasah. Kegiatan living qur’an juga merupakan bagian dari inovasi kurikulum madrasah sehingga dapat diaplikasikan sebagai upaya dan proses peningkatan maharah lugahwiyah bahasa Arab. Berdasarkan penjelasan tersebut, Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep living qur’an dan Program Madrasah Unggulan Kelas peminatan bahasa Arab serta bagaimana upaya peningkatan kemahiran berbahasa Arab dengan program tersebut sebagai inovasi kurikulum di madrasah. Metode Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif, sedangkan jenis penelitiannya adalah penelitian lapangan (field research) instrument pengumpulan datanya yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Dalam hal ini peneliti mengungkapkan tentang pelaksanaan kegiatan living qur’an dan Program Madrasah Unggulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep living qur’an dalam implementasinya di MTs Negeri 6 Sleman adalah dengan kegiatan tahfiz takhassus 6, tahfiz tarjamah, tahfiz musabaqah, tahfiz imamah dan kaligrafi. Sedangkan Program Madrasah Unggulan dapat dipetakan menjadi kelas peminatan bahasa Arab, studi banding ke pondok bahasa dan bi>’ah lughawiyah di lingkungan asrama MTs Negeri 6 Sleman. Kegiatan tersebut merupakan proses dan upaya peningkatan kemahiran berbahasa Arab yang mencakup maharah istima’, maharah kalam, maharah qira’ah dan maharah kitabah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Maksudin, M,Ag
Uncontrolled Keywords: Living Qur’a>n, Madrasah Unggulan, Pembelajaran bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 14 Oct 2021 19:37
Last Modified: 14 Oct 2021 19:37
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45450

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum