TRANSFORMASI, REPRESENTASI DAN PERGESERAN OTORITAS DAKWAH PERSIS : STUDI ATAS GERAKAN DAKWAH PENGGUNA FACEBOOK PEMUDA PERSIS

Hilman Fauzi Patahilah, NIM.: 1620011003 (2020) TRANSFORMASI, REPRESENTASI DAN PERGESERAN OTORITAS DAKWAH PERSIS : STUDI ATAS GERAKAN DAKWAH PENGGUNA FACEBOOK PEMUDA PERSIS. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (TRANSFORMASI, REPRESENTASI DAN PERGESERAN OTORITAS DAKWAH PERSIS : Studi Atas Gerakan Dakwah Pengguna Facebook Pemuda Persis)
1620011003_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (TRANSFORMASI, REPRESENTASI DAN PERGESERAN OTORITAS DAKWAH PERSIS : Studi Atas Gerakan Dakwah Pengguna Facebook Pemuda Persis)
1620011003_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tesis ini mengkaji gerakan dakwah pada pemuda persis dalam penggunaan media sosial di wilayah Kabupaten Garut, dengan studi kasus aktifitas pemuda persis di media sosial facebook. Penelitian ini berkontribusi dalam studi mengenai transformasi dan pergeseran otoritas gerakan dakwah serta refresentasi persis dalam penggunaan media sosial facebook. Penelitian ini dilakukan dengan studi kualitatif yang menggunakan metode etnografi virtual, selama kurang lebih empat bulan dengan melakukan wawancara mendalam terhadap para pemuda persis yang beraktifitas di media sosial facebook, para tokoh pemuda persis dan oveservasi dengan mengikuti jejak akun media sosial facebook. Tesis ini menunjukan bahwa terdapat beberapa aktifitas para pemuda persis yang bertransformasi di media sosial, diantara mereka ada yang merefresentasikan ideogi persis dan ada juga yang bebas mengekspresikan gagasannya sendiri sesuai kehendaknya, tidak hanya itu, mereka juga ada yang merefresentasikan ideologi gerakan dakwah golongan lain. Hal tersebut menghasilkan terjadinya pergeseran otoritas, media sosial facebook yang serba lengkap di dalamnya membuat para pemuda persis mempunyai otoritasnya sendiri dalam mengeksresikan dirinya. Pada akhirnya, dampak dari hal tersebut menjadi terputusnya otoritas persis di kalangan pemuda, seperti hal nya fatwa yang di pulikasikan persis pusat menjadi kurang tersampaikan secara maksimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Sunarwoto M. A.
Uncontrolled Keywords: Persis, Gerakan Dakwah, Media Sosial
Subjects: DAKWAH ISLAM
Media Sosial
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Kajian Komunikasi dan Masyarakat Islam
Depositing User: Heru Pasuko Rini
Date Deposited: 22 Oct 2021 15:10
Last Modified: 22 Oct 2021 15:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45472

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum