ANALISIS MINAT BAHASA PADA PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI LEMBAGA TA’LIM LUGHAH YOGYAKARTA

Rizqi Norrahman, NIM.: 16420042 (2020) ANALISIS MINAT BAHASA PADA PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI LEMBAGA TA’LIM LUGHAH YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS MINAT BAHASA PADA PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI LEMBAGA TA’LIM LUGHAH YOGYAKARTA)
16420042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS MINAT BAHASA PADA PROSES PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI LEMBAGA TA’LIM LUGHAH YOGYAKARTA)
16420042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman pendidik mengenai minat bahasa dalam proses pembelajaran bahasa Arab di lembaga Ta’lim Lughoh Yogyakarta, untuk mengetahui minat bahasa dalam proses pembelajaran bahasa Arab di lembaga Ta’lim Lughoh Yogyakarta dan untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah mengenai minat bahasa menurut Zalyana dan juga teori Hidi dan Renninger menenai minat bahasa yang berpengaruh pada pembelajaran bahasa Arab. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data diantaranya dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa : 1) Pemahaman pendidik mengenai minat bahasa dalam proses pembelajaran bahasa Arab di lembaga Ta’lim Lughoh Yogyakarta diantaranya adalah a) Pendidik mengadakan pembahasan mengenai minat bahasa peserta didik, b) Pendidik memperhatikan dan memahami minat bahasa peserta didik. 2) Minat bahasa dalam proses pembelajaran bahasa Arab di lembaga Ta’lim Lughoh Yogyakarta diantaranya adalah : Pernyataan lebih menyukai terhadap bahasa Arab ; Partisipasi aktif (Hadir dan mau bertanya) dalam pembelajaran bahasa Arab; Cenderung memberikan perhatian dalam pembelajaran bahasa Arab. Kemudian mengenai Pengaruh minat bahasa peserta didik pada pembelajaran bahasa Arab di lembaga Talim Lughoh Yogyakarta berdasarkan hasil penelitian diantaranya adalah berpengaruh pada Perhatian pembelajaran bahasa Arab; Tujuan pembelajaran bahasa Arab ; Jenjang pembelajaran bahasa Arab ; dan Perilaku komunikasi dalam pembelajaran bahasa Arab. 3) Faktor pendukung dan penghambat Minat bahasa dalam proses pembelajaran bahasa Arab di lembaga Ta’lim Lughoh Yogyakarta diantaranya a. Faktor pendukungnya adalah waktu pelaksanaan yang fleksibel ; Biaya relatif murah ; Pembelajaran yang menarik dan interaktif dan pembelajaran dari dasar yang mudah bagi pemula. b. Faktor penghambatnya adalah kesalahan peserta didik dalam memilih tingkatan/level belajar, Kurangnya keseriusan peserta didik dan kaidah bahasa Arab yang rumit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Muhajir S.Pd.I M.SI.
Uncontrolled Keywords: Minat bahasa, Lembaga Pendidikan Bahasa Arab, Ta’lim Lughah.
Subjects: Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 15 Oct 2021 13:40
Last Modified: 15 Oct 2021 13:40
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45483

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum