PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MATEMATIKA BERBASIS ANDROID UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI BENTUK ALJABAR

Zumrotul Aisyah, NIM.: 16600045 (2021) PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MATEMATIKA BERBASIS ANDROID UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI BENTUK ALJABAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MATEMATIKA BERBASIS ANDROID UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI BENTUK ALJABAR)
16600045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN E-MODUL INTERAKTIF MATEMATIKA BERBASIS ANDROID UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP PADA MATERI BENTUK ALJABAR)
16600045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development). Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan e-modul interaktif matematika berbasis android untuk memfasilitasi pemahaman konsep pada materi bentuk aljabar yang memenuhi kriteria ketercapaian yaitu valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan PPE. PPE merupakan singkatan dari Planning, Production, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan berupa lembar penilaian produk, lembar skala respon peserta didik, dan lembar soal tes pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul interaktif matematika berbasis android untuk memfasilitasi pemahaman konsep pada materi bentuk aljabar memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. E-modul interaktif matematika berbasis android untuk memfasilitasi pemahaman konsep pada materi bentuk aljabar dinyatakan valid berdasarkan penilaian validator ahli yang menunjukkan bahwa e-modul termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata sebesar 68,5 oleh validator ahli materi, dan termasuk dalam kategori sangat baik dengan nilai rata-rata sebesar 63 oleh validator ahli media. E-modul interaktif matematika berbasis android untuk memfasilitasi pemahaman konsep pada materi bentuk aljabar dinyatakan praktis berdasarkan data hasil skala respon peserta didik yang menunjukkan bahwa peserta didik memberikan respon sangat positif terhadap emodul dengan nilai rata-rata sebesar 44,7. E-modul interaktif matematika berbasis android untuk memfasilitasi pemahaman konsep pada materi bentuk aljabar dinyatakan efektif karena dapat memfasilitasi pemahaman konsep pada materi bentuk aljabar berdasarkan hasil tes pemahaman konsep yang menunjukkan bahwa sebesar 80% dari banyaknya peserta didik yang mengikuti tes memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan Kriteria Ketuntasan Minimum Kompetensi Dasar (KKM KD) pada materi bentuk aljabar. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa e-modul interaktif matematika berbasis android untuk memfasilitasi pemahaman konsep pada materi bentuk aljabar layak digunakan dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Iwan Kuswidi, S.Pd.I., M.Sc.
Uncontrolled Keywords: E-Modul Interaktif, Android, Pemahaman Konsep
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Oct 2021 10:28
Last Modified: 29 Oct 2021 10:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45564

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum