IMPLEMENTASI PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS X IPA 1 MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KABUPATEN BIMA

Nurul Islam, NIM.: 17104020006 (2021) IMPLEMENTASI PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS X IPA 1 MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KABUPATEN BIMA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS X IPA 1 MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KABUPATEN BIMA)
17104020006_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS X IPA 1 MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 KABUPATEN BIMA)
17104020006_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pendekatan humanistik dalam pembelajaran bahasa arab untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dan untuk mengetahui pengaruh implementasi pendekatan humanistik terhadap peningkatan motivasi belajar siswa. Dengan penelitian ini, diharapkan dapat memberi masukan kepada dunia pendidikan, khususnya MAN 1 Bima sebagai tempat dilakukanya penelitian ini. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan 5 prinsip Pendidikan Humanistik, diantaranya: Guru humanistik percaya bahwa siswa akan termotivasi untuk mengkaji materi bahan ajar jika terkait dengan kebutuhan dan keinginannya, Tujuan pendidikan harus mendorong keinginan siswa untuk belajar, Pendidik humanistik percaya bahwa nilai tidak relevan dan hanya evaluasi diri yang bermakna, tidak memisahkan domain kognitif dan afektif, dan belajar tanpa ancaman. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa implementasi pendekatan humanistik mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pre test dan post test. Dari hasil ini dapat disimpulkan bahwa melalui implementasi pendekatan humanistik dalam pembelajaran bahasa Arab dapat meningkatkan motivasi belajar siswa Sehingga hipotesis yang menyatakan implementasi pendekatan humanistik dalam pembelajaran bahasa Arab dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X IPA 1 terbukti atau hipotesis diterima.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Drs Dudung Hamdun, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Pendekatan Humanistik, pembelajaran Bahasa Arab, Motivasi Belajar.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Oct 2021 13:24
Last Modified: 29 Oct 2021 10:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45578

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum