PENERAPAN MEDIA GHINA’ AROBI DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT BAHASA ARAB PADA PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS I SD IT AL-KHAIRAT YOGYAKARTA SKRIPSI

Aliyya Nur Laili, NIM.: 17104020034 (2021) PENERAPAN MEDIA GHINA’ AROBI DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT BAHASA ARAB PADA PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS I SD IT AL-KHAIRAT YOGYAKARTA SKRIPSI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN MEDIA GHINA’ AROBI DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT BAHASA ARAB PADA PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS I SD IT AL-KHAIRAT YOGYAKARTA SKRIPSI)
17104020034_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN MEDIA GHINA’ AROBI DALAM MENINGKATKAN PENGUASAAN MUFRODAT BAHASA ARAB PADA PEMBELAJARAN DARING SISWA KELAS I SD IT AL-KHAIRAT YOGYAKARTA SKRIPSI)
17104020034_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat pembelajaran bahasa Arab siswa dikarenakan pembelajaran daring dan minimnya media yang digunakan oleh guru. Hal itu menyebabkan peserta didik kurang memahami mufrodat atau materi yang disampaikan oleh guru. Oleh karena itu, peneliti menawarkan sebuah media proses pembelajaran untuk membantu dalam peningkatan penguasaan mufrodat bahasa Arab dengan menggunakan lagu bahasa Arab (Ghina‟ arobi). Begitu pula bagi peneliti ingin mengetahui bagaimana proses penerapan dan dampak bagi peningkatan penguasaan mufrodat bahasa Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan Ghina‟ Arobi dalam meningkatkan penguasaan mufrodat bahasa arab dalam pembelajaran daring, adakah peningkatan dalam pembelajaran dengan menggunakan media Audio Visual Ghina‟ Arobi pada penguasaan mufrodat bahasa Arab siswa kelas 1 SDIT Al Khairaat Yogyakarta tahun ajaran 2020/ 2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Tindakan Kelas (Class Action Reserch). Terdapat 2 siklus dalam penelitian tindakan kelas ini. Masing-masing siklus berisi tahapan-tahapan. Tahap-tahap yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas berupa 4 tahap, yaitu : tahap perencananaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi dan tahap refleksi. Dan analisis yang digunakan adalah Analisis Statistik. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila hasil belajar penguasaan mufrodat siswa mencapai 75 % dari tujuan yang harus dicapai dengan nilai KKM 70. Pengumpulan data dilakukan dengan Metode re-test dan post-test, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: hasil belajar siswa pada nilai rata-rata yang diperoleh pada tes Awal adalah sebesar 70,85 dengan ketuntasan klasikal 68,75%. Kemudian setelah dilakukan pembelajaran dengan media audio visual ghina arobi pada siklus I mendapatkan hasil nilai rata-rata sebesar 82,5 dengan ketuntasan belajar secara keseluruhan 95,18%. Dan pada post tes siklus II mendapatkan hasil nilai rata-rata sebesar 88,04 dan ketuntasan belajar secara keseluruhan sebesar 100%. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran mufrodat bahasa Arab dengan menggunakan media Audio Visual Ghina‟ Arobi dapat meningkatkan hasil belajar mufrodat bahasa Arab siswa Kelas 1 SDIT Al Khairaat Yogyakarta pada semester genap tahun ajaran 2020/ 2021.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Nurhadi M.A.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Ghina Arobi, Penguasaan Mufrodat Bahasa Arab, Pembelajaran Daring.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib SIP.
Date Deposited: 18 Oct 2021 13:47
Last Modified: 18 Oct 2021 13:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45583

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum