EFEKTIVITAS METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT BAHASA ARAB SECARA DARING MI TAHFIDZ EL MUNA Q KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020/2021

Firda Aiza Nafisah, NIM.: 17104020052 (2021) EFEKTIVITAS METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN MUFRADAT BAHASA ARAB SECARA DARING MI TAHFIDZ EL MUNA Q KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN MUFRADÃT BAHASA ARAB SECARA DARING MI TAHFIDZ EL MUNA Q KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020/2021)
17104020052_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE BERNYANYI DALAM PEMBELAJARAN MUFRADÃT BAHASA ARAB SECARA DARING MI TAHFIDZ EL MUNA Q KRAPYAK YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2020/2021)
17104020052_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode bernyanyi dalam pembelajaran mufradãt bahasa Arab secara daring, seberapa besar tingkat efektivitas metode bernyanyi dalam pembelajaran mufradãt bahasa Arab secara daring, serta mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran mufradãt bahasa Arab siswa kelas I MI tahfidz El Muna Q Krapyak Yogyakarta tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode tes, wawancara, observasi, serta dokumentasi. Sedangkan uji efektivitas menggunakan uji Paired Sample T-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan metode bernyanyi dalam pembelajaran mufradãt bahasa Arab siswa kelas I MI Tahfidz El Muna Q Krapyak Yogyakarta berjalan lancar, guru dan siswa saling interaktif, serta siswa terlihat antusias dan semangat dalam mengikuti pelajaran. (2) Berdasarkan dari hasil penelitian bahwa persentase siswa yang nilainya mencapai KKM ketika final test sebesar 85.18%. Dengan rata-rata nilai siswa 85.04. kemudian hasil paired Sample T-test menunjukkan bahwa nilai nilai Sig. (2-tailed) adalah 0.000 angka tersebut nilainya dibawah 0.05, hal tersebut menunjukkan bahwa jika nilai Sig. (2- tailed) berada dibawah 0.05 atau 5%, maka antara preliminary test dan final test terdapat perbedaan yang signifikan. Hal tersebut berarti penggunaan metode bernyanyi dalam pembelajaran bahasa Arab di Kelas 1 adalah sangat efektif. (3) Berdasarkan hasil wawancara kepada guru bahasa Arab bahwa Faktor pendukung dalam penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran mufradãt secara online adalah dengan adanya media video dan audio yang menggambarkan kosakata yang dipelajari, kemudian adanya pendampingan dari orang tua dan pembimbing pondok selama proses pembelajaran berlangsung. Sedangkan faktor penghambat selama proses pembelajaran adalah koneksi atau jaringan yang kurang stabil, suara yang terputus-putus akibat koneksi jaringan, serta terbatasnya akses untuk belajar bersama antar siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. R. Umi Baroroh, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Metode bernyanyi, Mufradãt, Pembelajaran bahasa Arab.
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 18 Oct 2021 14:19
Last Modified: 18 Oct 2021 14:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45586

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum