APLIKASI ALL IN ONE SYSTEM DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MTSN LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

IZZAH NURHAYATI - NIM. 974223534, (2010) APLIKASI ALL IN ONE SYSTEM DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MTSN LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (APLIKASI ALL IN ONE SYSTEM DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MTSN LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA )
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (494kB) | Preview
[img] Text (APLIKASI ALL IN ONE SYSTEM DALAM PENGAJARAN BAHASA ARAB DI MTSN LABORATORIUM FAKULTAS TARBIYAH IAIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA )
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (420kB)

Abstract

Pelajaran Bahasa Arab yang dijadikan program wajib bagi lembaga pendidikan yang bernafaskan Islam, pada dasarnya ada dua pendekatan yang biasa digunakan di sekolah-sekolah setingkat Tsanawiyah dan Aliyah, masing-masing pendekatan itu memiliki cara tersendiri untuk mengajarkan bahasa sesuai dengan tujuan yang ingin dicapainya. Dan yang dimaksud kedua pendekatan itu adalah pendekatan sebagian (sparated) dan pendekatan kesatuan (All in One System). Pengajaran bahasa arab di MTsN Laboratorium Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Kalijaga yang mengaplikasikan All in One System mempunyai tujuan yang telah digariskan dalam kurikulum tahun 1994 yaitu menguasai secara aktif dan pasif perbendaharaan kata Arab fusha berjumlah 700 kata dan ungkapan dalam bebagai bentuk kata dan pola kalimat dasar yang diprogramkan yang dapat dipergunakan sebagai alat komunikasi dan dasar memahami buku-buku agama. Cara pengambilan sample dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling yaitu pengambilan sampling secara acak. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode tes, metode interview, metode angket, dan metode dokumentasi. Dalam menganalisa data menggunakan metode deskriptif analitik. Metode ini dipakai untuk menganalisa data yang bersifat kualitatif. Untuk menganalisa data menggunakan cara berfikir deduktif dan induktif. Aplikasi All in One System dalam pengajaran bahasa Arab adalah aplikasi pengajaran bahasa arab yang dipandang secara utuh tanpa pemisahan cabangnya. Dalam pelaksanaannya di MTsN Laboratorium Fakultas Tarbiyah IAIN Su-Ka tidak mengenal pembagian waktu berdasarkan cabangnya dalam materi pelajaran bahasa arab, sehingga keempat kemampuan bisa tercapai secara bersamaan dan seimbang. Pengajaran bahasa arab dengan pendekatan All in One System secara murni belum berjalan maksimal yaitu dalam menrapkan direc method dan aural-oral approach ke dalam proses kegiatan belajar mengajar bahasa arab. Akan tetapi dalam hal tertentu keduanya bisa diaplikasikan, sehingga dalam pelaksanaannya sering menggunakan eklektic method. Hal ini disebabkan karena minimnya sarana prasarana yang dimiliki, menyebabkan belum maksimalnya pelaksanaan drill khususnya materi hawar. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. Maksudin
Uncontrolled Keywords: Aplikasi All in One System, bahasa Arab, pengajaran, eklektic method, drill
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 18 Mar 2013 17:53
Last Modified: 04 Apr 2017 14:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4561

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum