STUDY EKSPERIMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MAHARAH AL KALAM KELAS XII DI MAN 2 BABAKAN CIWARINGIN CIREBON

Een Tur'aeni, NIM. 18204020018 (2021) STUDY EKSPERIMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MAHARAH AL KALAM KELAS XII DI MAN 2 BABAKAN CIWARINGIN CIREBON. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (STUDY EKSPERIMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN)
18204020018_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (STUDY EKSPERIMEN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN)
18204020018_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Peneliti yang dilatar belakangi oleh temuan peneliti tentangstudy eksperimen pembelajaran bahasa Arab metode mind mapping untuk meningkatkan Maharah Al-kalam. kelas XII di MAN 2 Babakan Ciwaringin Cirebon yang kurang diminati dan sedikit menyita perhatian siswa. Salah satu faktor penyebabnya dikarenakan kurang menariknya media yang membantu dalam proses pembelajaran bahasa Arab. Penelitian ini yang bertujuan untuk memecahkan sebuah permasalahan tersebut dengan menggunakan metode ming mapping sehingga mempengaruhi minat siswa dalam belajar bahasa Arab serta untuk mengetahui metode pembelajaran mind mapping untuk meningkatkan Maharah Al-kalam didalam pembelajaran bahasa Arab. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu metode kuantitatif. Terdapat dua kelas sebagai sample kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kedua kelas tersebut diberikan prestest untuk mengetahui keadaan awal setelah itu kelas eksperimen yang berjumlah 32 siswa diberikan treatment( perlakuan), sedangkan kelas kontrol yang berjumlah 29 siswa tidak diberikan treatment. Langkah akhir, diberikan posttest untuk mengetahui keadaan akhir diantara kedua kelas tersebut. Adakah pengaruh metode (treatment) yang digunakan. Treatment yang digunakan penelitian ini adalah metode mind mapping pembelajaran bahasa Arab untuk meningkatkan Maharah Al-kalam, berdasarkan data yang diperoleh nilai rata-rata posttest untuk kemampuan menyimak siswa dikelas eksperimen sebesar 51.16 dan posttest sebesar 64.83 dengan peningkatan sebesar 13.55. adapun kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 49.29 menjadi 57.72 dengan peningkatan besar 8.43.Adapun nilai rata-rata posttest bahwa peningkatan nilai pada kontrol sebesar 8.43.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Nasruddin, S. Pd. I. M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Bahasa Arab. Metode Mind Mapping. Maharah Alkalam
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 19 Oct 2021 18:27
Last Modified: 19 Oct 2021 18:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45685

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum