ANALISIS TEKNIK BERNYANYI UNTUK PENGUASAAN MUFRODAT DENGAN TINJAUAN TEORI BEHAVIORISME PADA SISWA KELAS IV MI AL HIKMAH MAKARTI MULYA MESUJI OGAN KOMERING ILIR TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Andi Saputra, NIM.: 17104020082 (2021) ANALISIS TEKNIK BERNYANYI UNTUK PENGUASAAN MUFRODAT DENGAN TINJAUAN TEORI BEHAVIORISME PADA SISWA KELAS IV MI AL HIKMAH MAKARTI MULYA MESUJI OGAN KOMERING ILIR TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS TEKNIK BERNYANYI UNTUK PENGUASAAN MUFRODAT DENGAN TINJAUAN TEORI BEHAVIORISME PADA SISWA KELAS IV MI AL HIKMAH MAKARTI MULYA MESUJI OGAN KOMERING ILIR TAHUN PELAJARAN 2020/2021)
17104020082_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS TEKNIK BERNYANYI UNTUK PENGUASAAN MUFRODAT DENGAN TINJAUAN TEORI BEHAVIORISME PADA SISWA KELAS IV MI AL HIKMAH MAKARTI MULYA MESUJI OGAN KOMERING ILIR TAHUN PELAJARAN 2020/2021)
17104020082_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian bahwa pembelajaran bahasa Arab terutama mufradat sangat penting bagi siswa, sebagai bekal dasar untuk memahami materi yang diberikan, yakni pemahaman terhadap makna kosakata, mampu mengucapkan secara baik, serta mampu menghafalkan sebagai bekal dalam proses pembelajaran. Teknik bernyanyi merupakan teknik yang diterapkan pada siswa kelas empat MI Al Hikmah Makarti Mulya, penggunaan teknik ini sebagai evaluasi dari proses pembelajaran melihat dari kondisi psikologi siswa yang kurang dalam mengikuti pembelajaran terutama penghafalan mufradat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan teknik bernyanyi pada pengguasaan mufradat siswa kelas empat, bagaimana respon siswa, dan kelebihan dan kek urangan ditinjau dengan teori behaviorisme yang menekankan pada respon siswa terhadap pembelajaran dengan bernyanyi. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang dilaksanakan pada MI Al Hikmah Makarti Mulya menggunakan analisis data kualitatif. Adapun teknik penggumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan teknik bernyanyi untuk penguasaan mufradat dengan tinjauan teor i behaviorisme pada siswa kelas IV MI Al Hikmah Makarti Mulya, berjalan efektif dan membantu dalam penguasaan mufradat pada siswa. Secara psikologis siswa merasakan kenyamaan dalam belajar dan tanggap serta berperan aktif selama proses pembelajaran berlangsung. Untuk penguasaan siswa dalam pembelajaran dapat dilihat dari hasil ujian semester yang ditempuh oleh siswa dan siswi kelas IV (empat) dengan rincian nilai pengetahuan bahasa Arab dengan perolehan nilai 77- 78 sebanyak 7 siswa, nilai 79-80 berjumlah 10 siswa. Adapun nilai keterampilan pembelajaran bahasa Arab nilai 77-78 sebanyak 10 siswa dan nilai 79-80 sebanyak 7 siswa, dengan KKM nilai bahasa Arab yang telah ditetapkan 75. Kelebihan yang didapat memberikan peran aktif bagi siswa serta mampu untuk menghafalkan mufradat dengan baik. Adapun kekurangan yang diperoleh penelitian; 1) Media yang dipakai kurang tepat, 2) Alokasi waktu yang dibutuhkan banyak, 3) Kreatifitas tinggi seorang guru sangat dibutuhkan agar benar-benar berjalan optimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nurul Huda, S.S., M.Pd. I
Uncontrolled Keywords: Teknik Bernyanyi, Penguasaan Mufrodat, Teori Behaviorisme
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 Oct 2021 15:32
Last Modified: 22 Oct 2021 15:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45789

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum