PENGEMBANGAN KREATIVITAS DAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI PERMAINAN EDUKATIF DI TK PKK 98 GIRILOYO WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA

Rika Evania Muslimatun, NIM.: 17104030022 (2021) PENGEMBANGAN KREATIVITAS DAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI PERMAINAN EDUKATIF DI TK PKK 98 GIRILOYO WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KREATIVITAS DAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI PERMAINAN EDUKATIF DI TK PKK 98 GIRILOYO WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA)
17104030022_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KREATIVITAS DAN KEMANDIRIAN ANAK MELALUI PERMAINAN EDUKATIF DI TK PKK 98 GIRILOYO WUKIRSARI IMOGIRI BANTUL YOGYAKARTA)
17104030022_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Menumbuhkan jiwa kreativitas pada anak sangat diperlukan pendidik untuk memperhatikan sifat alami pada anak dan lingkungan yang meningkatkan kreativitas anak. Sifat alami pada anak harus dipupuk dan dikembangkan saat anak masih usia dini agar kreativitas pada anak tidak mudah hilang begitu saja. Sifat alami anak pada dasarnya sangat menunjang tumbuhnya kreativitas diantaranya memiliki imajinasi dan rasa ingin tahu yang tinggi. Kreativitas merupakan suatu motivasi yang timbul dalam diri anak dan juga timbul dari luar, agar bakat kreativitas dapat terwujud dengan baik. Kemandirian anak juga sangat penting untuk kesiapan dan kemampuan berdiri sendiri dengan mengambil inisiatif melakukan semua hal. Selain itu untuk mengarahkan tingkah laku menuju kesempurnaan tanpa meminta bantuan dari orang lain dan terus berusaha. Permainan edukatif merupakan salah satu media atau cara meningkatkan kreativitas dan kemandirian anak melalui kegiatan belajar menyenangkan dan permainan yang bersifat mendidik serta bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan anak didik. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, yang mengambil sumber atau latar di TK PKK 98 Giriloyo. Data ini dikumpulkan dengan pengamatan atau observasi, wawancara, dan dokumentasi. Menganalisis data dengan cara memberi makna suatu data yang sudah berhasil dikumpulkan, kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan teknik teriangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) Metode ini dipergunakan ketika pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas dan kemandirian anak di TK PKK 98 Giriloyo diantaranya adalah: Metode cerita, metode tanya-jawab, metode tugas, karya wisata, demonstrasi, dan eksperimen. (2) Permainan edukatif yang terdapat di TK PKK 98 Giriloyo adalah: (a.) Permainan indoor: Bermain musik (bernyanyi dan memainkan alat musik), tepuk tangan, catur, ular tangga, puzzle, menyusun balok, lego dan pesan berantai (b.) Permainan outdoor: Petak umpet, ular naga, gobak sodor, kasti, sepak bola dan lompat tali, role play atau bermain peran, mengumpulkan benda di alam, bermain pasir dan melakukan semua penjelajahan. (c.) Permainan pasif: Membaca, menulis, menggambar, mewarnai, mendengarkan radio, dan film.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Dr. Hj. Hibana, S.Ag., M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kemandirian Anak Usia Dini, Permainan Edukatif, Kreativitas Anak Usia Dini
Subjects: Pendidikan > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini - Prasekolah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 22 Oct 2021 16:05
Last Modified: 22 Oct 2021 16:09
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45792

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum