PENGARUH MENGIKUTI AKTIVITAS AN-NASYĀTH TERHADAP PRESTASI MAHĀRAH AL-KALĀM MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Anifa Anggraini, NIM.: 14420042 (2020) PENGARUH MENGIKUTI AKTIVITAS AN-NASYĀTH TERHADAP PRESTASI MAHĀRAH AL-KALĀM MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PENGARUH MENGIKUTI AKTIVITAS AN-NASYĀTH TERHADAP PRESTASI MAHĀRAH AL-KALĀM MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
14420042_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (PENGARUH MENGIKUTI AKTIVITAS AN-NASYĀTH TERHADAP PRESTASI MAHĀRAH AL-KALĀM MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BAHASA ARAB UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA)
14420042_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari aktivitas/kegiatan yang ada di An-Nasyāth terhadap prestasi Mahārah Al-Kalām mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Arab UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan mengambil obyek penelitian yaitu mahasiswa PBA sebanyak 30 mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi “Product Moment” menggunakan SPSS Versi 18 Tahun 2015 yang kemudian diklarifikasi dan diberi kesimpulan. Sedangkan dalam perhitungan analisis datanya menggunakan uji regresi sederhana (Uji t). Adapun hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang signifikan antara mengikuti aktivitas An-Nasyāth Terhadap Prestasi Mahārah Al-Kalām. Hal ini ditunjukkan bahwa nilai Fhitung 12,795 > 4,20 (Ftabel) dan uji signifikansi 0,001 > 0,05. (2) Sebagaimana hasil tes yang telah dilakukan bahwa didapatkan 3 sub kelompok prestasi mahārah al-kalām mahasiswa PBA selaku anggota aktif An-Nasyāth yaitu kriteria Tinggi sebesar 60% atau sejumlah 18 mahasiswa. rangking sedang sebesar 37% dengan jumlah 11 mahasiswa dan rangking rendah sebesar 3% dengan jumlah 1 mahasiswa. Selain itu hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel mengikuti aktivitas An-Nasyāth memberikan pengaruh yang positif terhadap prestasi Mahārah Al-Kalām. Artinya apabila variabel mengikuti aktivitas An-Nasyath meningkat maka prestasi Mahārah Al-Kalām juga akan meningkat, begitu pula sebaliknya. Hal ini berdasarkan hasil analisis regresi liniar sederhana yang telah dilakukan. Hasil uji R Square pada penelitian diperoleh nilai R Square sebesar 0,314 menunjukkan bahwa prestasi Maharah Al-Kalam di pengaruhi oleh variabel mengikuti aktivitas An-Nasyath sebesar 31,4% sedangkan sisanya 68,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti pada penelitian ini. Selain dari hasil analisis data tersebut, berdasarkan data hasil wawancara bahwa terdapat dosen mata kuliah Istima‟ Wa Al-Kalam yang belum begitu mengenal dan mengetahui tentang An-Nasyath di PBA, begitupun juga mahasiswa masih ada beberapa yang belum mengikuti An-Nasyāth karena ketidaktahuan tentang An-Nasyāth itu sendiri sehingga presentasi pengaruh mengikuti aktivitas An-Nasyath terhadap prestasi Mahārah Al-Kalām masih sangat kecil.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Nurul Huda, S.S., M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar; prestasi akademik; an-Nasyāth
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan > Pendidikan Perguruan Tinggi
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 27 Oct 2021 15:25
Last Modified: 27 Oct 2021 15:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45820

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum