ANALISIS MUATAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA BUKU SISWA KELAS IV TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU EDISI REVISI TAHUN 2017

Ninik Setya Rahayu, NIM.: 13480095 (2020) ANALISIS MUATAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA BUKU SISWA KELAS IV TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU EDISI REVISI TAHUN 2017. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS MUATAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA BUKU SISWA KELAS IV TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU EDISI REVISI TAHUN 2017)
13480095_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS MUATAN NILAI-NILAI KARAKTER PADA BUKU SISWA KELAS IV TEMA 7 INDAHNYA KERAGAMAN DI NEGERIKU EDISI REVISI TAHUN 2017)
13480095_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplor dan mendeskripsikan muatan nilai-nilai pendidikan karakter pada Buku Siswa Kelas IV Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku. Jenis pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuatitatif dengan teknik penelitian studi kepustakaan (Library Research). pengumpulan data dilakukan dengan studi pustaka, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan analisis isi (content analysis). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai karakter pada Buku Siswa Kelas IV Tema 7 Indahnya Keragaman di Negeriku sudah sesuai dengan PPK (Pedoman Penguatan Karakter). Nilai-nilai tersebut adalah nilai religius, nilai nasionalisme, nilai mandiri, nilai gotong royong, dan nilai integritas. 1) Muatan karakter religius mengembangkan beberapa indikator yaitu menjalankan ibadah tepat waktu, memelihara hubungan baik dengan sesama umat ciptaan Tuhan Yang Maha Esa, dan menghormati orang lain menjalankan ibadah sesuai dengan agamanya. 2) Muatan karakter nasionalisme mengembangkan beberapa indikator yakni cinta tanah air, menjunjung cita-cita bangsa, melestarikan budaya, dan memelihara nilai-nilai luhur. 3) Muatan karakter mandiri mengembangkan beberapa indikator yaitu: memiliki kemampuan inisiatif, membuat pertimbangan sendiri dalam bertindak dan bertanggung jawab atas tindakannya, dapat memilih keputusan sendiri dalam bentuk kemampuan memilih, percaya diri, berkeinginan sesuatu tanpa bantuan orang lain, serta puas terhadap hasil usahanya sendiri. 4) Muatan karakter gotong royong mengembangkan beberapa indikator yaitu: terlibat aktif dalam kegiatan sosial, kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan, bersedia membantu orang lain tanpa mengharap imbalan, aktif dalam kerja kelompok, mendorong orang lain untuk bekerja sama demi mencapai tujuan bersama. 5) Muatan karakter integritas mengembangkan beberapa indikator pada karakter integritas yaitu: aktif terlibat dalam kehidupan sosial, menghargai martabat individu, dan menghargai waktu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sedya Sentosa, SS, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran tematik terpadu; Kurikulum 2013; nilai
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 25 Oct 2021 14:19
Last Modified: 25 Oct 2021 14:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45827

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum