PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEPUASAN BELAJAR PESERTA DIDIK MASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH ALIYAH MIFTAHUL ULUM WAY TUBA KABUPATEN WAY KANAN LAMPUNG

Ahmad Jubaidi, NIM.: 17104090038 (2021) PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEPUASAN BELAJAR PESERTA DIDIK MASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH ALIYAH MIFTAHUL ULUM WAY TUBA KABUPATEN WAY KANAN LAMPUNG. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEPUASAN BELAJAR PESERTA DIDIK MASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH ALIYAH MIFTAHUL ULUM WAY TUBA KABUPATEN WAY KANAN LAMPUNG)
17104090038_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP KEPUASAN BELAJAR PESERTA DIDIK MASA PANDEMI COVID-19 DI MADRASAH ALIYAH MIFTAHUL ULUM WAY TUBA KABUPATEN WAY KANAN LAMPUNG)
17104090038_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Masa pandemi Covid-19 membuat pendidikan di Indonesia mengalami tantangan yang berat sehingga membuat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Agama (Kemenag) mengeluarkan kebijakan belajar dari rumah (BDR) sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19. Salah satu yang terkena dampaknya adalah lembaga pendidikan MA. Miftahul Ulum Way Tuba yang telah menerapkan pembelajaran daring setelah kebijakan dari Kemendikbud dan Kemenag diumumkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pelaksanaan pembelajaran daring yang dilakukan oleh lembaga MA. Miftahul Ulum Way Tuba berpengaruh atau tidak terhadap rasa kepuasan belajar yang dialami oleh peserta didik kelas XI dan XII baik IPA ataupun IPS. Metode penelitian yang digunakan oleh penulis adalah penelitian kuantitatif, dengan jumlah sampel 127 peserta didik dari total populasi sebesar 199 orang dari kelas XI dan XII. Jumlah sampel didapat berdasarkan tabel Isaac dan michael dengan tingkat kesalahan 5 %. Ketentuan pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan probability sampling dengan teknik proportionate stratified random sampling. Instrumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data penulis menggunakan statistik deskriptif dan juga statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peserta didik merasa puas dengan diterapkannya pelaksanaan pembelajaran daring masa pandemi Covid-19. Hal itu dibuktikan dengan melihat nilai Sig. 0,000 ≥ 0,005 dan pada nilai thitung 10,250 ≥ 1,979 ttabel, sehingga terdapat pengaruh yang positif dan signifikan. Adapun besaran pengaruhnya dengan melihat nilai koefisien determinasi (R2) yaitu R Square sebesar 0, 457 atau 45,7%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing : Nora Saiva Jannana, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Daring, Kepuasan Belajar Peserta Didik, Dan Covid-19.
Subjects: Covid-19
Pendidikan > Evaluasi Pendidikan
Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam (S1)
Depositing User: Muh Khabib, SIP.
Date Deposited: 25 Oct 2021 08:46
Last Modified: 25 Oct 2021 08:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45831

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum