PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIP PDF PROFESIONAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA MENYAYANGI TUMBUHAN DAN HEWAN KELAS III SD/MI

Teguh Yunianto, NIM.: 19204080021 (2021) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIP PDF PROFESIONAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA MENYAYANGI TUMBUHAN DAN HEWAN KELAS III SD/MI. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIP PDF PROFESIONAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA MENYAYANGI TUMBUHAN DAN HEWAN KELAS III SD/MI)
19204080021_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS FLIP PDF PROFESIONAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA MENYAYANGI TUMBUHAN DAN HEWAN KELAS III SD/MI)
19204080021_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran tematik menuntut adanya kreatifitas pendidik dalam memilih dan mengembangkan tema pembelajaran salah satunya denga menggunakan media pembelajaran flip pdf profesional. Media pembelajaran merupakan sarana untuk meningkatkan kegiatan proses belajar mengajar, penggunaan media pembelajaran secara kreatif dapat memperlancar dan meningkatkan efesiensi pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan 1) mendeskripsikan media pembelajaran berbasis flip pdf professional pada pembelajaran tematik tema menyayangi tumbuhan dan hewan kelas III SD/MI, 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis flip pdf profesional pada pembelajaran tematik tema menyayangi tumbuhan dan hewan kelas III SD/MI, 3) mengetahui respon pendidik dan peserta didik terhadap media pembelajaran berbasis flip pdf profesional pada pembelajaran tematik tema menyayangi tumbuhan dan hewan kelas III SD/MI, 4) Mengetahui efektifitas media pembelajaran berbasis flip pdf profesional pada pembelajaran tematik tema menyayangi tumbuhan dan hewan kelas III SD/MI. Penelitian ini menggunakan model Borg and Gall, adapun langkag-langkahnya sebagai berikut: 1) potensi dan masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, 5) revisi desain, 6) uji coba produk, 7) revisi produk. Hasil penelitian ini berupa media pemebelajaran berbasis Flip Pdf Profesional. Berdasarkan penilaian ahli materi dihasilkan skor rata-rata sebesar 86,66% dengan kategori penilaian sangat layak, berdasarkan penilaian ahli media dihasilkan skor rata-rata sebesar 94,54% dengan kategori sangat layak dan penilaian ahli bahasa memperoleh skor rata-rata 94,54% deangan kategori sangat layak. Media pembelajaran flip pdf profesional merupakan software pembuat E-book dalam bentuk flipbook, pendesain tulisan, materi dan gambar menggunakan microsof word, kelebihan flip pdf profesional bisa dimasukkan vidio pembelajaran serta penggunaan media ini secara offline tidak menggunakan jaringan internet dan kelemahan media flip pdf profesional ini kurang terbiasanya peserta didik melihat kelipan cahaya yang keluar dari LCD proyektor. Adapun skor rata-rata yang dihasilkan dari penilaian respon pendidik adalah sebesar 95%, serta skor rata-rata penilaian respon pesrta didik dari dua uji coba yakni skala kecil dan skala besar adalah sebesar 94% dengan kategori kemenarikan yakni sangat menarik dan efektifitas terhardap merdia pembelajaan yang dikembangkan memperoleh hasil 79,75. Adapun keseluruhan respon validator, respon pendidik serta respon peserta didik media pembelajaran berbasis Flip Pdf Profesional pada Pembelajaran tematik tema menyayangi tumbuhan dan hewan kelas III SD/MI dinyatakan sangat layak dan sangat menarik untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Siti Fatonah, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Audio visual; multimedia; media pembelajaran
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S2)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 25 Oct 2021 09:25
Last Modified: 25 Oct 2021 09:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45839

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum