AL HURRIYAH FI AL NABI WA AL ARWAH AL MUTAMARRIDAH LI GIBRAN KHALIL GIBRAN (DIRASAH BIN YAWIYAH WA TARIKHIYAH)

Misnama, NIM.: 16110061 (2021) AL HURRIYAH FI AL NABI WA AL ARWAH AL MUTAMARRIDAH LI GIBRAN KHALIL GIBRAN (DIRASAH BIN YAWIYAH WA TARIKHIYAH). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (AL HURRIYAH FI AL NABI WA AL ARWAH AL MUTAMARRIDAH LI GIBRAN KHALIL GIBRAN (DIRASAH BIN YAWIYAH WA TARIKHIYAH))
16110061_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img] Text (AL HURRIYAH FI AL NABI WA AL ARWAH AL MUTAMARRIDAH LI GIBRAN KHALIL GIBRAN (DIRASAH BIN YAWIYAH WA TARIKHIYAH))
16110061_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Pemikiran kesusastraan Arab pada abad ke-02 M, dipelopori oleh dua kelompok sastra yaitu perkumpulan sastrawan Mesir yang dikenal Jama'atud- Diwan sebagai respon terhadap perkumpulan sastra Arab Mahjar. Kedua, adalah Perkumpulan sastra Arab Mahjar di Amerika Serikat yang benama ar-Rabitha-al- Qalamiyyah. Kedua perkumpulan tersebut memiliki corak yang berbeda dalam perkembangan sastra Arab modern, meskipun keduanya dipengaruhi oleh pemikiran Barat yang salah satunya dibawa oleh Gibran Khalil Gibran, salah satu penggagas ar-Rabitha al-Qalamiyyah. Gibran Khalil Gibran merupakan salahsatu pelopor perkembangan sastra Arab modern yang banyak mengilhami pola pikir para sastrawan Arab modern dalam karya-karyanya. Diantara karya-karyanya yang mashur adalah النبي و الأرواح المتمردة . Selain mendapat perhatian besar masyarakat dan tokoh-tokoh di masanya, kedua buku tersebut juga menarik banyak peneliti untuk mengkaji karya di dalamnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis salah satu pemikiran Khalil Gibran tentang kebebasan dalam dua antologi tersebut, biografi serta hal-hal yang menjadi latar belakang pemikirannya selama hidupnya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan objek penelitiannya adalah antologi النبي و الأرواح المتمردة dengan metode Library research dengan maksud data-data yang digunakan bersumber dari data tertulis. Adapun pengumpulan data diambil dari berbagai sumber pustaka berupa buku, skripsi, jurnal artikel, makalah dan berbagai literatur lainnya serta beberapa video yang mendukung penelitian. Pendekatan yang digunakan adalah struktural dan historis. Struktural digunakan untuk memahami maksud dari teks dalam dua antologi tersebut, sementara historis digunakan untuk mengetahui latar belakang konsep kebebasan Gibran Khalil Gibran yang berkembang yang terdapat dalam antologi . النبي و الأرواح المتمردة Berdasarkan analisis dan metode di atas dapat diketahui bahwa konsep kebebasan yang dimaksud Khalil Gibran adalah kebebasan hati dan jiwa manusia dari belenggu aturan, tradisi atau lembaga yang menindas jiwa manusia demi kepentingan individu tanpa harus melanggar aturan yang sudah dibentuk bersama. Kemudian kebebasan yang ia kehendaki dalam hidupnya berkembang dalam aliran Gibranisme yang dikenal sebagai aliran sastra dan filsafat yang diperkenalkan Khalil Gibran sebagai salah satu aliran dalam perkembangan sastra Arab modern.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Uki Sukiman, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Sang nabi; kebebasan; Mahjar; historis.
Subjects: Kesusastraan Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 25 Oct 2021 14:33
Last Modified: 14 Apr 2022 11:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45903

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum