PENGARUH PERSEPSI DAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB TERHADAP HASIL IMKA MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG

Irvan Maulana Tamsil, NIM. (18204020016) (2020) PENGARUH PERSEPSI DAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB TERHADAP HASIL IMKA MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img] Text (PENGARUH PERSEPSI DAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB TERHADAP HASIL IMKA MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG)
18204020016_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img]
Preview
Text (PENGARUH PERSEPSI DAN MINAT BELAJAR BAHASA ARAB TERHADAP HASIL IMKA MAHASISWA UNIVERSITAS ISLAM NEGERI WALISONGO SEMARANG)
18204020016, BAB I, DAN BAB V ,DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pandangan mahasiswa mengenai suatu objek khususnya dalam belajar bahasa Arab berbeda-beda, serta kesukaan dan kecenderungan mahasiswa dalam belajar bahasa Arab. Hal tersebut sangat dibutuhkan dalam mencapai hasil IMKA yang maksimal. Dalam penelitian ini menyelidiki tentang pengaruh antara persepsi dan minat belajar bahasa Arab terhadap hasil IMKA Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1. Adakah pengaruh persepsi belajar bahasa Arab terhadap hasil IMKA mahasiswa Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang? 2. Adakah pengaruh minat belajar bahasa Arab terhadap hasil IMKA mahasiswa Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang? 3. Seberapakah signifikansi persepsi dan minat belajar bahasa Arab berpengaruh terhadap hasil IMKA mahasiswa Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang?. Untuk menjawab permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Penelitian ini termasuk penelitian kuantatif dengan menggunakan metode survey serta dengan menggunakan teknik analisis regresi linier sederhana untuk menjawab permasalahan 1 dan 2. Sedangkan untuk menjawab permasalahan 3 menggunakan analisis regresi berganda. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling dengan jumlah 186 mahasiswa. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis regresi linier sederhana dan regresi berganda. Dalam penelitian ini menunjukan: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi belajar bahasa Arab terhadap hasil IMKA mahasiswa Universitas Islam Negeri Walisongo. Hal ini di tunjukkan dengan persamaan regresi Y= 2,231 + 82,488, serta 0,266. Sedangkan pengujian uji t diketahui lebih besar dengan dengan taraf signifikansi 0,05 maka 8,167>1,653 sehingga hasilnya signifikan. (2) Dalam penelitian ini terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar bahasa Arab terhadap hasil IMKA mahasiswa Universitas Islam Negeri Walisongo. Hal tersebut di tunjukkan pada persmaan regresi Y= 1,240 + 159,724, dan 0,078, untuk uji t diketahui lebih besar dengan dengan taraf signifikansi 0,05 maka harga 3,935>1,653 sehingga hasilnya signifikan. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara persepsi dan minat belajar bahasa Arab terhadap hasil IMKA mahasiswa Universitas Islam Negeri Walisongo. Hal ini ditunjukkan pada harga koefesien determinasi dan terhadap Y sebesar 0,295. Sehingga menunjukkan bahwa variabel persepsi dan minat belajar bahasa Arab berpengaruh terhadap hasil IMKA yang memiliki pengaruh sebesar 29,5% dalam kategori „‟cukup‟‟ sedangkan 70,5% di pengaruhi oleh variebel lain yang belum diteliti. Dalam pengujian uji F di ketahui sebesar 38,311 dibandingkan dengan sebesar pada taraf signifikansi 5% maka lebih besar dengan dengan harga 38,311>3,04 sehingga hasilnya signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan persmaaan regresi ganda Y= 2,067 + 0,777 + 49,528. Dalam hal ini menunjukkan bahwa persepsi dan minat belajar bahasa Arab berpengaruh terhadap hasil IMKA mahasiswa Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Sigit Purnama, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Persepsi belajar bahasa Arab, Minat belajar bahasa Arab, dan Hasil IMKA
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab > PENDIDIKAN BAHASA ARAB - TEORI
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 25 Oct 2021 16:41
Last Modified: 16 Dec 2021 09:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45911

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum