IMPLEMENTASI PROGRAM MORNING MOTIVATION PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU LUQMAN AL-HAKIM INTERNASIONAL BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

Nur Oktiani, NIM.: 13480102 (2020) IMPLEMENTASI PROGRAM MORNING MOTIVATION PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU LUQMAN AL-HAKIM INTERNASIONAL BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI PROGRAM MORNING MOTIVATION PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU LUQMAN AL-HAKIM INTERNASIONAL BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
13480102_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI PROGRAM MORNING MOTIVATION PADA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU LUQMAN AL-HAKIM INTERNASIONAL BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
13480102_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari pentingnya Pendidikan karakter yang harus dimulai sejak masa anak-anak agar karakter-karakter yang dikembangkan sebagai dasar berperilaku melekat kuat dan menjadi ciri kepribadian individu. Di SDIT LHI Yogyakarta memiliki program morning motivation yang mampu mendukung dalam penguatan karakter peserta didik terutama sebelum proses pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan implementasi program morning motivation di SDIT LHI Yogyakarta, 2) untuk menjelaskan faktor pendukung dan faktor penghambat program morning motivation di SDIT LHI Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara mendalam, dan observasi nonpartisipan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi program morning motivation di SDIT LHI Yogyakarta terbagi dalam tiga tahapan yaitu a) desain (persiapan) kegiatan, b) pelaksanaan kegiatan, dan c) monitoring dan evaluasi kegiatan bersama dengan monitoring dan evaluasi kurikulum materi pembelajaran. Kegiatan dilaksanakan di kelas 1 sampai kelas 6 selama tidak kurang dari 15 menit setiap pagi hari sebagai pengkondisian sebelum pembelajaran dimulai. Materi yang disampaikan disesuaikan dengan kebutuhan pengkondisian dan muatan karakter peserta didik. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk: a) menumbuhkan motivasi dari dalam diri peserta didik, b) menginspirasi peserta didik dari contoh tokoh yang diperlukan, c) memancing antusiasme peserta didik, d) mengarahkan peserta didik pada perilaku khusus atau perilaku tertentu, e) mendiskusikan persoalan yang sedang terjadi, f) memperkuat sikap menjadi kebiasaan. Karena SDIT LHI Yogyakarta adalah sekolah berbasis Islam, maka muatan yang ada dalam kegiatan morning motivation berkaitan dengan muatan-muatan Islami. 2) faktor pendukung kegiatan morning motivation terdiri dari: a) guru dan peserta didik yang disiplin, b) dialog yang aktif antara guru dan peserta didik saat kegiatan berlangsung, c) media (koleksi buku) yang disediakan oleh sekolah. 3) faktor penghambat kegiatan morning motivation terdiri dari: a) persiapan guru yang mendadak atau kurang maksimal, b) peserta didik yang kurang memperhatikan dan membuat gaduh saat kegiatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Maemonah, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Motivasi; self understanding; personal core competence
Subjects: Psikologi > Motivasi
Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 26 Oct 2021 10:42
Last Modified: 26 Oct 2021 10:42
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/45931

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum