PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK KELAS V SD MUHAMMADIYAH DANUNEGARAN

Anang Supriyadi, NIM.: 13480130 (2020) PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK KELAS V SD MUHAMMADIYAH DANUNEGARAN. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK KELAS V SD MUHAMMADIYAH DANUNEGARAN)
13480130_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK KELAS V SD MUHAMMADIYAH DANUNEGARAN)
13480130_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendiskripsikan kondisi minat baca peserta didik dan untuk mengetahui peran guru dalam menumbuhkan minat baca peserta didik kelas V di SD Muhammadiyah Danunegaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru dan peserta didik kelas V SD Muhammadiyah Danunegaran. Analisis data menggunakan analisis despriptif yang terdiri dari tiga alur, yaitu: reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa kurang memiliki minat baca karena kurangnya buku bacaan yang menarik di perpustakaan. Upaya-upaya yang sudah dilakukan guru untuk meningkatkan minat baca anak adalah membuat program literasi selama lima belas menit sebelum kegiatan belajar dan menjadwalkan kunjungan ke perpustakaan kepada siswa setiap hari Kamis dan mengadakan kegiatan membaca buku di pojok baca. Guru juga menggunakan metode menceritakan kembali agar dapat menumbuhkan minat baca anak yaitu dengan cara: 1) guru mewajibkan peserta didik untuk membaca buku 1 hari minimal 1 lembar; 2) guru meminta peserta didik menulis buku apa dan halaman berapa yang dibaca; 3) guru meminta peserta didik menceritakan kembali buku yang dibaca kepada peserta didik lainnya; dan 4) guru mengadakan tanya jawab setelah peserta didik menceritakan kembali buku yang dibaca.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Fitri Yuliawati, M.Pd. Si
Uncontrolled Keywords: membaca; belajar mengajar; motivator
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 27 Oct 2021 15:00
Last Modified: 27 Oct 2021 15:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46009

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum