KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BAHASA ARAB KELAS VA DI MI SUNAN PANDANARAN SLEMAN YOGYAKARTA

Muthi’ Mahin, NIM.: 15420115 (2020) KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BAHASA ARAB KELAS VA DI MI SUNAN PANDANARAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BAHASA ARAB KELAS VA DI MI SUNAN PANDANARAN SLEMAN YOGYAKARTA)
15420115_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA1.pdf

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BAHASA ARAB KELAS VA DI MI SUNAN PANDANARAN SLEMAN YOGYAKARTA)
15420115_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana guru bahasa Arab melaksanakan pembelajaran di MI Sunan Pandanaran Sleman Yogyakarta ditinjau dari kompetensi pedagogiknya, yang meliputi memahami peserta didik, perencanaan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran,mengevaluasi hasil belajar dan mengembangkan poptensi peserta didik untuk mengaktualisasi berbagai potensi yang dimilikinya, serta implementasi kompetensi pedagogik guru bahasa Arab dalam pembelajaran di MI Sunan Pandanaran Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif deskriptif, dengan mengambil lokasi di MI Sunan Pandanaran Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah pengumpulan data, reduksi data, penjelasan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Guru bahasa Arab di MI Sunan Pandanaran Sleman Yogyakarta sudah memenuhi sebagian besar indikator kompetensi pedagogik, namun masih terdapat catatan di beberapa komponen indikator 2. Implementasi kompetensi pedagogik guru bahasa Arab dalam pembelajaran di MI Sunan Pandanaran Sleman Yogyakarta meliputi a. Memahami karakteristik peserta didik dengan cara pendekatan terhadap peserta didik, komunikasi dengan wali murid, dan tingkat pemahaman peserta didik melalui pre test. b. Melengkapi tugas perencanaan pembelajaran. c. Dalam melaksanakan pembelajaran sudah memenuhi semua indikator yaitu keterampilan penguasaan kelas, membuka dan menutup pelajaran, keterampilan menjelaskan materi, keterampilan memberi penguatan, keterampilan bertanya dan keterampilan melakukan variasi pembelajaran. d. Mengevaluasi hasil belajar mencakup tiga aspek. Pertama aspek kognitif yaitu tanya jawab, ulangan harian, UTS dan UAS. Kedua aspek afektif yaitu dengan melihat kondisi selama pembelajaran di kelas dan pekerjaan rumah. Ketiga aspek psikomotorik menilai dari keaktifan dan kontribusi siswa selama pembelajaran. e. Mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya dengan cara pendampingan, kegiatan ekstrakurikuler dan keikutsertaan dalam perlombaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dr. H. Adzfar Ammar, MA
Uncontrolled Keywords: Kompetensi guru; pembelajaran Bahasa Arab; pembelajaran al-Kalam
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Pendidikan Islam (Pesantren) > Pondok Pesantren > Kyai - Ustadz - Guru
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Muchti Nurhidaya [muchti.nurhidaya@uin-suka.ac.id]
Date Deposited: 29 Oct 2021 15:41
Last Modified: 29 Oct 2021 15:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46038

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum