NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU “KUMPULAN CERITA BUDI PEKERTI 1” KARYA NINDIA MAYA DAN WATIEK IDEO DALAM RELEVANSINYA BAGI ANAK USIA MADRASAH IBTIDAIYAH

Ismiyati Artiningrum, NIM: 14480152 (2020) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU “KUMPULAN CERITA BUDI PEKERTI 1” KARYA NINDIA MAYA DAN WATIEK IDEO DALAM RELEVANSINYA BAGI ANAK USIA MADRASAH IBTIDAIYAH. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU “KUMPULAN CERITA BUDI PEKERTI 1” KARYA NINDIA MAYA DAN WATIEK IDEO DALAM RELEVANSINYA BAGI ANAK USIA MADRASAH IBTIDAIYAH)
14480152_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM BUKU “KUMPULAN CERITA BUDI PEKERTI 1” KARYA NINDIA MAYA DAN WATIEK IDEO DALAM RELEVANSINYA BAGI ANAK USIA MADRASAH IBTIDAIYAH)
14480152_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) apa saja nili-nili pendidikan karakter dalam buku “Kumpulan cerita Budi Pekerti 1” karya Nindia Maya dan Watiek Ideo, (2) bagaimana relevansi niali-nilai pendidikan karakter dalam buku buku “Kumpulan cerita Budi Pekerti 1” karya Nindia Maya dan Watiek Ideo bagi anak usia Madrasah Ibtidaiyah. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku “Kumpulan cerita Budi Pekerti 1” karya Nindia Maya dan Watiek Ideo, (2) mendeskripsikan relevansi nilai-nilai karakter dalam buku “Kumpulan cerita Budi Pekerti 1” karya Nindia Maya dan Watiek Ideo bagi anak usia Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kepustakaan. Teknik pengumpulan data menggunakan studi pustaka, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan kajian isi (content analysis). Hasil penelitian ini menunjukan nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam buku “Kumpulan Ceerita Budi Pekerti 1” yaitu religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggung jawab. Nilai-nilai tersebut relevan bagi anak usia madrasah ibtidaiyah, karena dapat dijadikan sebagai alat mendidik untuk membagun karakter anak, dapat diterapkan anak-anak di lingkungannya, menyertakan ilustrasi, serta dapat mendukung ketercapaian tugas perkembangan anak usia madrasah ibtidaiyah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Moh. Agung Rokhimawan, M. Pd
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Karakter, Nilai-nilai Karakter, Madrasah Ibtidaiyah
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 30 Oct 2021 18:18
Last Modified: 30 Oct 2021 18:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46108

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum