KESIAPAN BELAJAR DAN ANTUSIASME PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN KIMIA SECARA DARING MENGGUNAKAN WHATSAPP DI MA NU MIFTAHUL ULUM MARGASARI

Siti Chusnah, NIM. 14670005 (2020) KESIAPAN BELAJAR DAN ANTUSIASME PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN KIMIA SECARA DARING MENGGUNAKAN WHATSAPP DI MA NU MIFTAHUL ULUM MARGASARI. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KESIAPAN BELAJAR DAN ANTUSIASME PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN KIMIA SECARA DARING MENGGUNAKAN WHATSAPP DI MA NU MIFTAHUL ULUM MARGASARI)
14670005_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KESIAPAN BELAJAR DAN ANTUSIASME PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN KIMIA SECARA DARING MENGGUNAKAN WHATSAPP DI MA NU MIFTAHUL ULUM MARGASARI)
14670005_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengkaji kesiapan belajar peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran kimia secara daring menggunakan WhatsApp di MA NU Miftahul Ulum Margasari, (2) Mengkaji antusiasme peserta didik saat mengikuti proses pembelajaran kimia secara daring menggunakan WhatsApp di MA NU Miftahul Ulum Margasari, (3) Menganalisis proses pembelajaran kimia secara daring menggunakan WhatsApp di MA NU Miftahul Ulum Margasari. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitataif. Subjek penelitian ini yaitu pendidik kimia dan peserta didik. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan kuisioner atau angket dengan instrumen penelitian berupa lembar observasi, lembar angket, dan pedoman wawancara. Keabsahan data diuji dengan triangulasi metode dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verikfikasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) kesiapan peserta didik dengan rata-rata sebesar 88,5% (Sangat Baik), hasil observasi dan wawancara sesuai bahwa kesiapan belajar peserta didik dalam pembelajaran kimia secara daring menggunakan WhatsApp secara keseluruhan baik. (2) Antusiasme peserta didik dengan rata-rata sebesar 75% (Baik), hasil observasi dan wawancara bertolak belakang dengan hasil angket yang menyatakan bahwa kurangnya antusiasme (respon, perhatian, konsentrasi, kesadaran, kemauan, dan keterlibatan diri) belajar dari peserta didik, karena ada yang baik dan kurang baik. (3) Proses pembelajaran secara daring menggunakan WhatsApp telah dilakukan dan keseluruhan peserta didik mengikuti pembelajaran melalui WhatsApp dengan baik. Akan tetapi masih ada peserta didik yang mengalami kesulitan dalam memham materi kimia terutama perhitungan. Pembelajaran kimia secara daring menggunakan WhatsApp membutuhkan kerjasama yang baik anatara pendidik dan peserta didik agar pembelajaran berjalan efektif, dan tercapai tujuan pembelajarannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Agus Kamaludin, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: WhatsApp, Kesiapan belajar, Antusiasme belajar, Pembelajaran daring.
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 30 Oct 2021 18:50
Last Modified: 30 Oct 2021 18:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46112

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum