PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DI KELAS III A MI SULTAN AGUNG YOGYAKARTA

Romanto, NIM: 16480023 (2020) PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DI KELAS III A MI SULTAN AGUNG YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text
16480023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DI KELAS III A MI SULTAN AGUNG YOGYAKARTA)
16480023_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) DI KELAS III A MI SULTAN AGUNG YOGYAKARTA)
16480023_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas III A MI Sultan Agung Yogyakarta dalam mata pelajaran bahasa Indonesia dengan strategi pembelajaran kooperatif tipe CIRC. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dari penelitian ini meliputi prestasi belajar siswa yang diambil dari pemberian soal tes pada akhir siklus, aktivitas siswa pada proses pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, hasil wawancara siswa dan guru, catatan lapangan untuk mencatat keadaan yang terjadi selama proses pembelajaran, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah: (1) adanya peningkatan partisipasi siswa, (2) adanya peningkatan prestasi siswa yaitu di atas KKM 75. Hasil pengamatan pembelajaran dengan strategi CIRC dilaksanakan dengan tahap pengelompokan, membaca, dan diskusi. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan keaktifan siswa pada 55% dengan kategori tinggi dan siklus II sebesar 75,71% dengan kategori sangat tinggi. Hasil prestasi nilai membaca pemahaman siswa pada siklus I memiliki rata-rata kelas sebesar 77,32 dengan persentase kelulusan sebesar . Hasil siklus II nilai rata-rata kelas yaitu 79,82

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Aninditya Sri Nugraheni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: membaca pemahaman, CIRC, partisipasi, prestasi
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 31 Oct 2021 17:27
Last Modified: 31 Oct 2021 17:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/46130

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum